Sabtu, 13 April 2019 22:51 WIB

NASIONAL

Debat Pilpres 2019: Jokowi Kritik Visi Prabowo: Kelola Ekonomi Makro Beda dengan Mikro

E. Wardiyanto - jurnalpatrolinews
Debat Pilpres 2019: Jokowi Kritik Visi Prabowo: Kelola Ekonomi Makro Beda dengan Mikro Foto : Pasangan Capres Nomor Urut 01, Joko Widodo - Ma'ruf Amin

JURNALPATROLINEWS – Calon presiden Joko Widodo mengkritik visi rivalnya Prabowo Subianto tentang strategi pembangunan perekonomian Indonesia. Menurutnya, pendapat Prabowo bahwa perekonomian Indonesia sudah salah arah karena menuju deindustrialisasi dan modal dalam negeri malah ke luar negeri itu keliru.

Jokowi mengaku sependapat bahwa perekonomian Indonesia harus diarahkan sepenuhnya bagi kesejahteraan rakyat. Tetapi semua ada strateginya, di antaranya dengan membenahi infrastruktur, sebagai penopang awal pertumbuhan ekonomi.

Pembangunan infrastruktur, katanya, untuk menjaga agregat produksi yang mesti dilakukan oleh pemerintah melalui kebijakan-kebijakan strategis. Semua harus melalui tahapan-tahapan yang jelas.

"Pak Prabowo, mengelola ekonomi makro itu beda dengan mikro. Sisi kebijakan dijaga oleh pemerintah. Ekonomi makro adalah kelola agregat produksi, di antaranya sektor primer, dan sektor sekunder seperti industri manufaktur," katanya dalam debat kelima dua pasangan calon presiden dan wakil presiden di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu malam, 13 April 2019.

Infrastruktur-infrastruktur yang sudah dibangun oleh pemerintah dalam 4,5 tahun terakhir, menurut Jokowi, menjadi pembuka jalan bagi pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di daerah-daerah.

"Infrastruktur ini akan terhubung dengan kawasan industri, kawasan wisata, dan lain-lain. Artinya, butuh waktu untuk membangun," katanya.


KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : -
Media Partner : -
Iklan : -