Kamis, 20 Februari 2020 15:12 WIB

METRO

FKIP UKI dan STT MORIAH Mengadakakan Pengabdian Masyarakat

Ferdinand Mannopo - jurnalpatrolinews
FKIP UKI dan STT MORIAH Mengadakakan Pengabdian Masyarakat Foto : Ist

JurnalPatroliNews - Tangerang,-- Pengenalan sains dasar kepada anak usia dini dengan metode storytelling atau bercerita menjadi Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Prodi Pendidikana Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pedidikan Universitas Kristen Indonesia dan STT Moriah yang digelar di TK Al-Ghazali Islamic School Tangerang beberapa waktu yang lalu.

Pengenalan sains dianggap penting dilakukan kepada anak sejak dini karena sains menjadi dasar bagi anak untuk mempelajari ilmu-ilmulainnya. Sedangkan pemilihan metode storytelling dilakukan karena metode ini efektif digunakan untuk mengajarkan anak karena kegiatan bercerita dapat memberikan hiburan dan rangsangan imajinasi anak demikian diungkapkan Ketua tim PKM Septina Severina, Lumbantobing M.Pd,

“Melalui kegiatan storytelling di dalam proses pembelajaran di kelas, siswa akan dikenalkan dengan konsep-konsep sains dengan cara yang menyenangkan,”  jelas Septina.

Selain itu juga untuk melaksanakan salah satu dari tiga Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat.

“PKM ini juga melakukan workshop/pelatihan pembuatan mainan edukatif dengan bahan – bahan sederhana kepada guru-guru TK. Platihan pembuatan mainan edukatif ini menggunakan bahan-bahan cetak berupa Serbuk Alginat, yang memiliki sifat dan tekstur yang unik dan mudah untuk dicetak atau dijadikan cetakan, serta merupakan bahan yang aman,” jelas Koordinator PKM Taat Guswamtoro, M.Si.

“Pada saat pelatihan ini guru-guru justru mendapatkan lebih banyak lagi ide untuk pembuatan mainan edukatif yang menarik dengan bahan tersebut, jelas Taat. PKM ini diikiuti juga oleh STT Moriah Gading Serpong yang diwakili oleh Roce Marsaulina M,Pd. Sedangkan Kepala Sekolah TK Al-Ghazali Islamic School, Siti Fatimah Azzahra, M.Pd menyambut baik kegiatan PKM tersebut.

Kegiatan storytelling dapat menumbuhkan minat baca padaa nak. Beliau juga berharap dengan workshop pembuatan mainan edukatif maka guru-guru di TK Al-Ghazali akan semakin kreatif di masa yang akan datang (red)


KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : ekawdy77ads@gmail.com
Media Partner : ekawdy77ads@gmail.com
Iklan : jurnalpatroli2016@gmail.com, WA 081318185028