Senin, 27 Januari 2020 13:45 WIB

METRO

Hendak Sebarkan Ribuan Ekstasi di Diskotik, 2 Pengedar Ditangkap

Ferdinand Mannopo - jurnalpatrolinews
Hendak Sebarkan Ribuan Ekstasi di Diskotik, 2 Pengedar Ditangkap Foto : Polda Metro Jaya tangkap pengedar narkoba (Samsuduha)

"Kemudian dilakukan penggeledahan di tempatnya ditemukan sekitar 14 ribu lebih dengan bertahap. Total semua 14.356 butir ekstasi dan 1000 gram serbuk bahan baku," ungkap Yusri

 

JurnalPatroliNews - Jakarta ,-- Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya baru saja menangkap 2 pengedar narkotika jenis ekstasi yang kerap mengedarkan narkotika di tempat hiburan malam di Jakarta. Dari tangan tersangka, polisi menyita 14.356 butir ekstasi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan awalnya pihaknya mendapat laporan masyarakat terkait adanya pengedar narkotika yang tinggal di sebuah apartemen di kawasan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara. Setelah melakukan penyelidikan, pada tanggal 16 Januari 2020 polisi menggerebek kamar apartemen itu dan menangkap 2 tersangka.

"Ada 2 tersangka yang berhasil kita amankan. Pertama inisial J dan R. Sepertinya nanti akan berjalan terus berkembang terus," kata Yusri di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (27/1/2020)

Polisi menangkap kedua tersangka dengan berbagai macam barang bukti narkotika yang siap diedarkan. Barang bukti itu terdiri dari 14.356 butir ekstasi, 1 Kg serbuk bahan baku ekstasi dan sabu 5 gram.

"Kemudian dilakukan penggeledahan di tempatnya ditemukan sekitar 14 ribu lebih dengan bertahap. Total semua 14.356 butir ekstasi dan 1000 gram serbuk bahan baku," ungkap Yusri.

Yusri menyebut para pelaku biasa mengedarkan narkotika du Jakarta termasuk di tempat-tempat hiburan malam di Jakarta. Para tersangka ini sudah beraksi selama hampir 3 tahun mengedarkan narkotika.

"Mereka ada rencana menyebarkan di Jakarta dan sekitarnya khususnya ditempat-tempat hiburan. Ekatasi ini ada warna hijau dan ungu," kata Yusri.

Dalam kesempatan yang sama, Kasubdit 3 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, Kompol Awaludin Amin mengatakan 2 tersangka itu memiliki hubungan saudara. Tersangka berinisial R adalah keponakan tersangka J dan R masih di bawah umur.

"Antara tersangka J dan R masih ada hubungan keluarga. R merupakan keponakan J dan R masih di bawah usia dewasa," kata Awaludin.

Selain itu, saat kedua pelaku ditangkap, tersangka R mencoba membuang barang bukti ekstasi dengan cara membuang butir-butir ekstasi dari kamar lantai 20 ke bawah di apartemen itu. Polisi kemudian menyisir area apartemen dan mengumpulkan ekstasi-ekstasi yang dibuang itu.

"Awalnya kita tangkap 6 butir aja dan kita geledah di apartemen dan kita temukan 100 butir saat itu juga kita amankan tersangka R dimana tersangka R itu membuang dari apartemen lantai 20 ke bawah yang jumlahnya kurangnya 14.250 yang dibuang tapi bisa kita temukan," papar Awaludin.

Saat ini, polisi masih menyelidiki kasus tersebut dan masih mengusut asal narkotika yang diedarkan kedua tersangka ini. Kedua tersangka saat ini juga ditahan di rutan narkoba Polda Metro Jaya.

Atas perbuatannya, kedua tersangka dikenakan Pasal 114, Pasal 112 dan Pasal 132 Undang-undang 35 tahun 2009 tentang narkotika. Ancamannya paling tinggi 20 tahun.

[dtk]


KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : ekawdy77ads@gmail.com
Media Partner : ekawdy77ads@gmail.com
Iklan : jurnalpatroli2016@gmail.com, WA 081318185028