Senin, 27 Januari 2020 15:05 WIB

DAERAH

Inisiasi Polres Sukabumi, Mediasi Pasca Terlibat Bentrok BPPKB dan Poskab Sapu Jagat Sepakat Berdamai

Ferdinand Mannopo - jurnalpatrolinews
Inisiasi Polres Sukabumi, Mediasi Pasca Terlibat Bentrok BPPKB dan Poskab Sapu Jagat Sepakat Berdamai Foto : BPPKB dan Poskab Sapu Jagat sepakat berdamai (Syahdan Alamsyah/detikcom)

 

"Hari ini kami berkumpul atas inisiasi Pak Kapolres, untuk mengislahkan dua saudara kita yang kemarin mengalami kesalahpahaman. Tentunya dalam hal ini, saya, Pak Kapolres dan Pak Dandim mencoba memediasi untuk tidak lagi menjadi persoalan-soalan yang berkelanjutan," kata Bupati Sukabumi Marwan Hamami

 

JurnalPatroliNews - Sukabumi,--  Polres Sukabumi Kota melakukan mediasi dua kelompok massa dari Ormas BPPKB dan Poskab Sapu Jagat yang sempat terlibat bentrokan di Sukalarang, Sukabumi, Jawa Barat beberapa waktu lalu. Usai mediasi mereka sepakat untuk berdamai.

Proses mediasi dilakukan di Mako Polres Sukabumi Kota. Mediasi itu dihadiri perwakilan dua kelompok massa. Pihak terkait seperti perwakilan dari Pemkab Sukabumi, TNI dari Kodim 0607 turut hadir dalam pertemuan tersebut.

Pantauan rekan media, dua kelompok itu terlihat berdatangan ke Mako Polres Sukabumi Kota. Mereka kemudian masuk ke ruang aula vicon, yang berada dekat dengan ruang Humas Polres Sukabumi Kota. Sejumlah anggota Brimob Polda Jabar bersenjata lengkap berjaga mulai dari gerbang masuk hingga ke pintu ruangan vicon. Beberapa orang yang masuk ke dalam ruangan lebih dulu di geledah.


Terlihat menyusul kemudian Kapolres Sukabumi AKBP Wisnu Prabowo, Dandim 0607 Letkol Inf Danang Prasetyo, Bupati Sukabumi Marwan Hamami dan beberapa personel Polres Sukabumi Kota lainnya.

"Hari ini kami berkumpul atas inisiasi Pak Kapolres, untuk mengislahkan dua saudara kita yang kemarin mengalami kesalahpahaman. Tentunya dalam hal ini, saya, Pak Kapolres dan Pak Dandim mencoba memediasi untuk tidak lagi menjadi persoalan-soalan yang berkelanjutan," kata Bupati Sukabumi Marwan Hamami kepada awak media, Senin (27/1/2020)

Marwan menyebut saat ini kedua pihak sudah islah atau berdamai. Marwan berharap, hal itu juga diaplikasikan hingga ke jajaran anggota kedua kelompok yang paling bawah.

"Semoga hingga jajaran kedua kelompok yang paling bawah mendengarkan imbauan-imbauan, jangan ada lagi persoalan-persoalan lanjutan. Cukup ditangani oleh kepolisian mengenai persoalan-persoalan hukum," tambah Marwan.


Terkait korban yang luka akibat bentrokan, Pemkab Sukabumi menjamin biaya pengobatan hingga tuntas.

"Kita akan bantu, baik secara pemerintah maupun pribadi akan kita bantu. Karena mereka warga Kabupaten Sukabumi juga," tandasnya.

Di depan awak media, kedua ormas kemudian berjabat tangan dan mendeklarasikan perdamaian yang dilakukan di Mako Polres Sukabumi Kota.

(*/lk)


KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : ekawdy77ads@gmail.com
Media Partner : ekawdy77ads@gmail.com
Iklan : jurnalpatroli2016@gmail.com, WA 081318185028