JPNews
Kamis, 15 November 2018 18:49 WIB

INTERNASIONAL

Istri Najib Razak Didakwa Terima Suap Rp661 Miliar

Aldhy Irawan - jurnalpatrolinews
Istri Najib Razak Didakwa Terima Suap Rp661 Miliar Foto : Rosmah Mansor

JurnalPatroliNews KUALA LUMPUR - Rosmah Mansor, istri mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, didakwa atas dugaan meminta dan menerima suap sebesar 189 juta ringgit (Rp661 miliar) pada Kamis (15/11).

Dalam persidangan di Kuala Lumpur, jaksa penuntut mendakwa Rosmah terlibat dalam dua tuduhan korupsi menyangkut proyek energi tenaga surya hibrida untuk sekolah-sekolah di pedesaan di Sarawak.

Jaksa menuding Rosmah meminta suap sebesar 187,5 juta ringgit pada 2016 lalu dari seorang pejabat Jepak Holdings Sdn Bhd dan menerima suap sebesar 1,5 juta ringgit pada 2017 dari pejabat tersebut.

Proyek itu memicu kontroversi ketika pemerintahan Najib disebut menunjuk langsung Jepak Holdings, perusahaan berbasis di Bintulu itu, sebagai pemegang proyek tersebut.

Dilansir dari Channel News Asia, Kamis (15/11), Rosmah sudah menghadapi 17 dakwaan sebelumnya, termasuk menerima hasil kegiatan ilegal serta tidak melaporkan pajak penghasilan. Dia mengaku tidak bersalah atas tuduhan itu.

Rosmah kemarin menghabiskan hampir empat jam di MACC untuk memberikan pernyataannya mengenai kontrak penyediaan energi matahari ke sekolah-sekolah di Sarawak, dan mengaku tidak merasa bersalah atas dakwaan yang ada.

Suami Rosmah, Najib, menghadapi 38 dakwaan mulai dari pencucian uang hingga penyalahgunaan wewenang dan pelanggaran kriminal, sebagian besar karena skandal korupsi multi-miliar dolar di dana negara 1Malaysian Development Berhad (1MDB). (dai)


Berita Terkait
KOMENTAR
Silakan login untuk memberikan komentar
LOGIN