Senin, 11 Februari 2019 19:27 WIB

DAERAH

Jaring Saran dan Masukan Pemkab Gelar Forum Konsultasi Publik

Beno - jurnalpatrolinews
Jaring Saran dan Masukan Pemkab Gelar Forum Konsultasi Publik Foto : Gelar forum konsultasi publik
JurnalpatroliNews Sekadau Kalbar - Pemkab Sekadau menggelar forum konsultasi publik rancangan awal RKPD Kabupaten Sekadau tahun 2020. Forum konsultasi publik dilaksanakan untuk memperoleh saran dan masukan dari berbagai pihak untuk penyempurnaan rancangan awal RKPD tahun 2020.
 
Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Zakaria menuturkan, konsultasi publik merupakan forum dalam rangka penyempurnaan rancangan awal RKPD sebelum disampaikan dalam musrenbang RKPD untuk selanjutnya disusun menjadi rancangan akhir RKPD.
 
“Disamping unutk melaksanakan amanat peraturan perundang-undangan. Ini juga sebagai wadah membahas kebijakan dan prioritas pembangunan di Kabupaten Sekadau tahun 2020,” ujarnya dalam kegiatan yang digelar di Aula Kantor Bapppeda Litbang Kabupaten Sekadau, Senin (11/2).
 
Selain itu, kata dia, hal ini juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan koordinasi dan konsultasi antar pemangku kepentingan untuk menyusun kebijakan program dan kegiatan pembanguann daerah. Zakaria mengatakan, output dari konsultasi diharapkan dapat menjadi media pembentukan komitmen seluruh stakeholder dalam keterkaitan dan konsistensi antar perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan serta merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam tahapan penyusunan RAPBD, yakni pedoman dalam penyusunan KUA dan PPAS.
 
Zakaria berharap, kegiatan ini dapat diikuti sebaik-baiknya. Sehingga, RKPD tahun 2020 mampu menjadi salah satu pendukung suksesnya pembangunan di Sekadau dan benar-benar mampu mengakomodir berbagai program kegiatan yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
“Perlu diketahui bersama bahwa RKPD yang akan disusun pada hakekatnya merupakan penjabaran operasional tahunan dari rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Sekadau tahun 2016-2021,” ucapnya.
 
Zakaria menjelaskan, pada RPJMD 2016–2021 Kabupaten Sekadau telah dirumuskan arah kebijakan pembangunan daerah yang berorientasi pada pencapaian visi Pemkab Sekadau, yaitu terwujudnya Kabupaten Sekadau yang maju, mandiri dan berdaya saing. Untuk mewujudkan visi itu ditetapkan misi pembangunan, yaitu meningkatkan ketersediaan dan kualitas infrastruktur dasar dan optimalisasi pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam.
 
“Kemudian, mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik, bersih da berwibawa serta penguatan kemitraan pemerintah dengan dunia usaha dan masyarakat serta meningkatkan kulitas sumber daya manusia,” jelasnya.
 
Selain itu, sebagai penjabaran dari visi dan misi kebijakan pembangunan daerah pada tahun 2020 dengan prioritas pembangunan yang ditujukan untuk pemerataan kualitas dan kuantitas infrastruktur dan pembangunan berkelanjutan. Kemudian peningkatan kualitas dan peningkatan kualitas dan pemerataan pelayanan pendidikan, kesehatan dan sosial. Peningkatan ketahanan pangan dan energi.
 
“Penguatan ekonomi daerah. Penanggulangan kemiskinan. Peningkatan iklim investasi, daya saing usaha daerah. Pengelolaan sumber daya alam, lingkungan hidup dan penanggulangan bencana. Peningkatan kapasitas penyelenggaraan tata kelola pemerintahan,” tutur Zakaria.
 
Zakaria mengingatkan, dalam penyusunan kegiatan dan pekerjaan sebagai tindaklanjut dari pembahasan program dalam konsultasi itu agar benar-benar memperhatikan skala prioritas. Untuk itu, ia berharap agar kegiatan tersebut menghasilkan suatu kesimpulan yang tepat. Sehingga, pada 2020 pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Sekadau semakin baik.
 
 “Ingat anggaran kita terbatas dibanding dengan berbagai permasalahan yang harus diselesaikan di Kabupaten Sekadau,” katanya.
 
Sementara itu, Ketua Panitia, Mirza Suryadi mengatakan, pelaksanaan forum komunikasi publik merupakan rangkaian tahapan yang dilaksanakan dalam penyusunan perencanaan pembangunan tahunan sebelum perumusan rancangan akhir RKPD. Tentunya, pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
 
“Adapun kegiatan ini dimaksud untuk menyampaikan arah kebijakan dan prioritas pembangunan Kabupaten Sekadau tahun 2020. Sedangkan, tujuannya untuk memperoleh saran dan masukan sebagai bahan penyempurnaan rancanagan awal RKPD tahun 2020,” tukasnya.
 
Hadir dalam kegiatan tersebut, Kajari Sekadau dan Kepala SKPD dilingkungan Pemkab Sekadau. ( Yah


KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : -
Media Partner : -
Iklan : -