Rabu, 26 Juni 2019 14:41 WIB

NASIONAL

Jokowi Tawarkan Produk BUMN ke Presiden Argentina

Aldhy Irawan - jurnalpatrolinews
Jokowi Tawarkan Produk BUMN ke Presiden Argentina Foto : Presiden Joko Widodo & Presiden Argentina Mauricio Macri di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (26/6/2019).

JurnalPatroliNews Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Indonesia dan Argentina sepakat meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi. Selain itu, Indonesia-Argentina meningkatkan kerja sama bidang perdagangan, pertanian, dan industri strategis.

"Argentina merupakan mitra perdagangan terbesar kedua Indonesia di Amerika Selatan. Tadi kami telah membahas peningkatan kerja sama ekonomi, khususnya di bidang perdagangan, pertanian dan industri strategis," kata Jokowi.

Hal ini disampaikan Jokowi saat memberikan keterangan pers bersama terkait kunjungan Presiden Argentina Mauricio Macri di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (26/6/2019). Indonesia tengah berupaya menyeimbangkan neraca perdagangan dengan Argentina.

Selain itu, Jokowi menawarkan berbagai produk dan jasa yang dimiliki industri strategis Indonesia. Macri ditawarkan produk pesawat hingga lokomotif.

"Dalam pertemuan tadi saya juga menawarkan berbagai produk dan jasa yang dimiliki industri Strategis Indonesia. PT DI, menawarkan pesawat. PT GMF menawarkan kerja sama dalam jasa pemeliharaan. PT INKA menawarkan produk lokomotif dan gerbong yang berstandar internasional," ujar Jokowi.

"Indonesia juga terus mendorong peningkatan kerja sama perdagangan dengan klub dagang terbesar di kawasan Amerika Selatan yang beranggotakan Argentina, Brasil, Paraguay dan Uruguay," imbuh Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini melanjutkan, Indonesia meminta Argentina untuk membuka diri atas komoditas-komoditas pertanian RI, baik komoditas berupa salak, manggis, nanas, dan yang lain-lainnya.

Jokowi kemudian mendorong langkah strategis yang mendekatkan pengusaha Indonesia dengan Argentina.

"Untuk itu kita mendorong langkah langkah untuk mendekatkan pengusaha kita, di antaranya dengan mengundang partisipasi pengusaha Argentina pada Trade Expo Indonesia," ucapnya.

Indonesia, kata Jokowi, terus mendorong peningkatan kerja sama pendidikan dan investasi dengan Argentina.

Kesepakatan kerja sama ini ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman atau Memorandum Of Understanding (MoU) di bidang pendidikan, investasi dan perdagangan.

"Pada hari ini ditandatangani MoU kerja sama dibidang pendidikan, investasi dan perdagangan," tandasnya. (dai)


KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : -
Media Partner : -
Iklan : -