Sabtu, 12 Januari 2019 15:08 WIB

INTERNASIONAL

Kanada Beri Suaka Kepada Remaja Arab Saudi yang Kabur Dari Keluarganya

Aldhy Irawan - jurnalpatrolinews
Kanada Beri Suaka Kepada Remaja Arab Saudi yang Kabur Dari Keluarganya Foto : Rahaf Mohammed al-Qunun.

JurnalPatroliNews - Seorang pencari suaka yang kabur dari Arab Saudi karena dugaan penganiayaan oleh keluarganya pergi dari Bangkok ke Kanada pada Jumat, menurut pejabat tinggi imigrasi Thailand.

Surachate Hakparn mengatakan Rahaf Mohammed al-Qunun berangkat ke Seoul, Korea Selatan, untuk naik penerbangan lanjutan ke Kanada.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau yang diinterogasi oleh wartawan pada Jumat mengatakan, “[Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi] meminta kami untuk menerima al-Qunun sebagai pengungsi, dan kami telah memberikan suaka padanya.”

Jean-Nicolas Beuze, Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi di Kanada, mengatakan dia tidak membahas kasus ini "untuk alasan perlindungan."

Al-Qunun dicegat di Bandara Bangkok pada Sabtu saat mencoba melarikan diri dari keluarganya di Arab Saudi.

Dia mengatakan hidupnya dalam bahaya karena dia keluar dari Islam dan melarikan diri ke Kuwait untuk terbang ke Thailand.

Namun Al-Qunun membarikade dirinya di kamar hotel di bandara dan menceritakan situasi serta harapannya untuk memperoleh suaka dari negara lain.

Kampanye tersebut menghasilkan publikasi luas sehingga para pejabat Thailand mengizinkannya tetap berada di negara itu dengan perlindungan PBB.

Dia memperoleh status pengungsi dari PBB sejak Rabu lalu.

Sejumlah negara tengah berdiskusi untuk menerima suaka al-Qunun, termasuk Australia.

Penerimaan remaja tersebut berpotensi merusak hubungan Arab Saudi dengan Kanada.

Pada Agustus, Saudi menjual investasi di Kanada dan mengatakan kepada siswa yang belajar di sana untuk pergi setelah pejabat Kanada menyerukan pembebasan aktivis perempuan yang dipenjara di kerajaan. (AA/dai)


KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : -
Media Partner : -
Iklan : -