Senin, 04 November 2019 19:46 WIB

DAERAH

Kawasan Mangrove di Sangihe, Hingga Santap Kuliner.

Beno - jurnalpatrolinews
Kawasan Mangrove di Sangihe, Hingga Santap Kuliner. Foto : Kawasan mangrov di Kelurahan Tapuang Kecamatan Tahuna, dulunya menjadi salah satu tepat wisata di Kabupaten Sangihe.

JurnalPatroliNews - Sangihe, — Kawasan mangrov yang terletak di Kelurahan Tapuang Kecamatan Tahuna, dulunya menjadi salah satu tepat wisata di Kabupaten Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara.

Namun sayangnya, hampir satu tahun terakhir ini kawasan yang dulunya banyak dikunjungi wisatawan lokal ini jadi sepi.

Menariknya konservasi mangrove yang sudah lama tidur ini, berubah drastis menjadi kuliner.

Tak menutup kemungkinan, para penjual makanan mulai memadati lokasi mangrove tersebut. Serta kunjungan masyarakat pun mulai banyak.

Sementara itu kuliner yang disediakan para penjual bermacam-macam sajian khas Sangihe. seperti sagu, singkong, dan ikan bakar.

Wakil Bupati Sangihe Helmud Hontong SE termasuk sejumlah pimpinan Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) juga sering datang makan di mangrove tepat ketika jam istirahat kantor.

“Saya sering makan siang di Mangrove Tapuang, karena kebetulan menunya menyediakan makanan khas lokal, terutama sagu dan ikan bakar,” kata Hontong.

Sementara itu Bupati Jabes Gaghana SE ME dikonfirmasi terpisah, turut memberi suport atas inisiatif masyarakat Kelurahan Tapuang memanfaatkan lahan mangrov. Bupati bahkan mengatakan, sangat terbuka peluang kawasan kuliner mangrove akan semakin tertata dan bakal menjadi salah satu pusat keramaian di kota Tahuna.

“Saat ini kawasan mangrove Kelurahan Tapuang sudah menjadi lokasi kuliner yang turut menyediakan menu khas Sangihe, tentunya pemerintah daerah siap menopang setiap usaha ekonomi kreatif masyarakat setempat,”ujar Bupati.

Bupati menambahkan, peluang berkembangnya usaha rakyat di kawasan mangrove akan semakin terbuka.

“Seiring dengan adanya peluang Pemkab Sangihe tahun anggaran 2020, bakal mendapatkan dana pusat sebesar Rp80 miliar, khusus untuk penataan kawasan rawa Towo Kecamatan Tahuna dan rawa Tapuang Kecamatan Tahuna Timur,” tambahnya.

(Christ)


KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : ekawdy77ads@gmail.com
Media Partner : ekawdy77ads@gmail.com
Iklan : jurnalpatroli2016@gmail.com, WA 081318185028