Selasa, 20 Agustus 2019 10:58 WIB

DAERAH

Kawasan Tanpa Rokok Dilanggar Oknum Anggota DPRD Langkat

Ferdinand Mannopo - jurnalpatrolinews
Kawasan Tanpa Rokok Dilanggar Oknum Anggota DPRD Langkat Foto : Oknum Anggota DPRD Langkat Berinisial ED dari Fraksi Golkar Asyik Merokok.
JurnalPatroliNews - Langkat,  Pemerintah Langkat sudah mengajukan Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan sudah pula disah KTR itu oleh DPRD Langkat, pada 31 Desember 2018 silam.
 
Namun...eh, malah ada oknum anggota DPRD Langkat berinisial Ed dari Fraksi Golkar, malah asyik menikmati rokok di kawasan tanpa rokok, yakni di Ruangan Rapat Sidang Paripurna DPRD Langkat, di Stabat.
 
Oknum anggota DPRD Langkat ini terekam kamera awak media, sedang asyik mengisap rokok, ketika berlangsungnya 2 Rapat Sidang Paripurna dalam sehari, Senin (19/08/2019).
 
Dua Rapat Sidang Paripurna itu diantaranya, Sidang rapat paripurna dengan agenda, Penyampaian Penjelasan Ranperda Tentang Perubahan PAPBD Langkat Tahun 2019, dan dilanjutkan dengan penyampaian padangan umum Fraksi - Fraksi. Sidang itu dimulai pukul14.00 Wib.
 
Kemudian pada pukul 15.00 Wib, dilanjutkan dengan Sidang Rapat Paripurna DPRD Langkat Dalam Rangka Penyampaian Penjelasan Ranperda Tentang Penyertaan Modal Pada PT Bank Sumut, dan dilanjutkan dengan penyampaian padangan umum Fraksi - Fraksi.
 
Secara terpisah, Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Langkat, Drs. Basrah Pardomuan yang dikonfirmasi   jurnalpatrolinews.co.id, melalui Via WhatsApp, Senin (19/8/2019) terkait apakah di DPRD Langkat sudah diberlakukan kawasan  larangan merokok..?
 
Basrah Pardomuan menjawab, pemberlakuan itu kan seluruh Kabupaten Langkat,  dan bukan hanya di DPRD saja.
 
Kemudian ketika ditanya dan dimintai tanggapan, terkait adanya oknum anggota DPRD Langkat yang merokok ketika dipersidangan tadi, Basrah menjawab, bahwa diruang sidang, di ruang komisi, di ruang staf dan seluruh ruangan sudah kita pasang striker dilarang merokok, sesuai dengan Perbup, lengkap dengan pasal dan sanksi hukumnya. 
 
Alhamdulillah di ruang staf dan ruang komisi sudah tidak ada lagi yang merokok, katanya.
 
Basrah yang ditanya kembali, bahwa diruang sidang tadi ada oknum yang merok, Basrah pun menjawab, mestinya semua orang mematuhi aturan itu tentang Perda dilarang merokok.
 
Pantauan awak media juga, terlihat dibeberapa ruangan Fraksi dan lainnya, termasuk di ruangan sidang rapat paripurna DPRD Langkat, di Stabat, terlihat ada beberapa stiker larangan merokok yang ditempelkan.
 
Bahkan stiker itu bertuliskan logo (gambar) larangan merokok, diantaranya berbunyi, Peraturan Daerah Perda Nomor 1 Tahun 2019 tentang Kawasan Tanpa Rokok dan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 5 tahun 2019 tanggal 19 Februari 2019.
 
Kemudian ada bahasa Sanksi bagi pelanggaran kawasan tanpa rokok antara lain:
 
Hurup (a.) Sanksi administrasi, dan menyatakan, adapun sanksi administratif sebagaimana tersebut pada pasal 21 ayat 1 peraturan Daerah Kabupaten Langkat, Nomor 1 Tahun 2019 adalah, Setiap orang yang melanggar ketentuan larangan sebagaimana dimaksud dalam pasal 10 dikenakan sanksi administratif, berupa teguran lisan dan peringatan tertulis.
 
Kemudian pada hurup (b) Sangsi Pidana. Adapun sanksi pidana sebagaimana tersebut pada pasal 24 ayat 1 dan 2 Peraturan Daerah Kabupaten Langkat Nomor 1 tahun 2019 adalah:
 
1. Setiap orang yang melanggar larangan sebagaimana dimaksud dalam pasal 10 diancam Pidana kurungan paling lama 3 bulan atau pidana denda paling banyak Rp.5.000.000.
 
2. Setiap orang yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam pasal 11 diancam Pidana kurungan paling lama 7 hari, pidana denda paling banyak Rp200.000.
 
Sebelumnya diketahui, pada rapat paripurna itu, dipimpin Ketua DPRD Langkat Surialam, SE didampingi Wakil Ketua DPRD Ralin Sinulingga, SE, serta sejumlah anggota DPRD Langkat lainnya.
 
Sedangkan dari Pemerintah Langkat sendiri, dihadiri Bupati Langkat, yang diwakili, Wakil Bupati Langkat Syah Afandin SH, dan dihadiri Sekda Kabupaten Langkat dr.Indera Salahudin, para asisten, para staf ahli dan sejumlah OPD serta para camat. (fahlevi)
 


KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : -
Media Partner : -
Iklan : -