Jumat, 31 Januari 2020 09:42 WIB

METRO

Kementerian ATR/BPN Terus Tingkatkan Sinergitas dengan Kejaksaan

Ferdinand Mannopo - jurnalpatrolinews
Kementerian ATR/BPN Terus Tingkatkan Sinergitas dengan Kejaksaan Foto : Biro Humas ATR/BPN

“Tujuan dilaksanakannya perjanjian kerjasama ini adalah sebagai landasan saling berkoordinasi dan kerja sama dalam pelaksanaan tugas dan fungsi penegakan hukum serta pemulihan aset di bidang agraria/pertanahan dan tata ruang"

 
 
 
JurnalPatroliNews - Jakarta,-- Sinergitas yang telah dilakukan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) pada saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2020 memberikan energi yang positif kepada semua satuan kerja baik itu untuk Kantor Wilayah BPN dan Kantor Pertanahan maupun Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Negeri. 
 
Hal ini ditandai dengan diselenggarakannya penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Kanwil BPN Provinsi DKI Jakarta dengan Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta dan antara Kantor Pertanahan se-Provinsi DKI Jakarta dengan Kejaksaan Negeri se-Provinsi DKI Jakarta di Hotel Millenium, Jakarta, Kamis (30/01/2020).
 
Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi DKI Jakarta, Jaya dalam sambutannya mengatakan bahwa perjanjian kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan nota kesepahaman antara Kementerian ATR/BPN dengan Kejaksaan RI. “Tujuan dilaksanakannya perjanjian kerjasama ini adalah sebagai landasan saling berkoordinasi dan kerja sama dalam pelaksanaan tugas dan fungsi penegakan hukum serta pemulihan aset di bidang agraria/pertanahan dan tata ruang,” ujar Jaya. 
 
Pada kesempatan yang sama, Asri Agung Putra selaku Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta memberitahukan bahwa jika adanya permasalah hukum dalam menjalankan tugas dan fungsi di Kementerian ATR/BPN seperti contoh sengketa hak atas tanah jangan segan-segan memberikan surat kuasa khusus kemudian Bidang DATUN akan mendampingi dalam proses litigasi dan pengadilan.
 
“Di sini Kejaksaan dapat juga memberikan dukungan intelejen, supervisi dan petunjuk dalam hal pelaksanaan penyelidikan yang sedang dilakukan oleh BPN misalnya dalam rangka pencegahan dan pemberantasan mafia tanah” ungkap Asri Agung Putra. 
 
Diharapkan dengan adanya perjanjian kerja sama ini dapat semakin mempererat hubungan baik antara Kejaksaan dengan Kementerian ATR/BPN serta mendukung penegakan hukum di bidang agraria/pertanahan dan tata ruang. (*)


KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : ekawdy77ads@gmail.com
Media Partner : ekawdy77ads@gmail.com
Iklan : jurnalpatroli2016@gmail.com, WA 081318185028