Sabtu, 04 April 2020 09:00 WIB

NASIONAL

Lewat WA & Situs PLN, Ini Cara Cek Listrik Gratis & Diskon!

Ferdinand Mannopo - jurnalpatrolinews
Lewat WA & Situs PLN, Ini Cara Cek Listrik Gratis & Diskon! Foto : Token Listrik Gratis (PLN)

JurnalPatroliNews - Jakarta,-- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan 6 stimulus untuk menopang kondisi ekonomi rakyat yang terdampak pandemi COVID-19 atau virus corona. Mulai dari sektor kelistrikan sampai kebutuhan pokok.

Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan pihaknya siap menjalankan instruksi presiden ini untuk memberikan listrik gratis bagi pelanggan 450 Va dan 900 Va subsidi. Insentif ini merupakan bagian dari Rp 110 triliun untuk perlindungan sosial dalam menghadapi COVID-19.

"Pembebasan biaya listrik dan diskon 50% ini berlaku untuk tiga bulan, yakni April, Mei, dan Juni. PLN siap melaksanakan tugas mulia dari presiden ini untuk meringankan beban masyarakat, dan bisa bertahan di tengah badai pandemi ini," kata Darmawan, Jumat (03/04/2020).

Dia mengatakan ada dua langkah yang bisa ditempuh oleh pelanggan untuk mendapatkan insentif ini yakni melalui Whatsapp nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id.

Untuk akses via Whatsapp, bisa langsung kontak nomer tersebut dan akan mendapatkan balasan. Untuk pra bayar, pelanggan bisa memasukan nomor ID-nya, token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Saat ini pelayanan lewat WA mengalami sedikit gangguan, karena ada pembaruan dari servernya. Darmawan menegaskan gangguan bukan lah dari PLN, melainkan upgrade server dari pihak whatsapp.

"Skenario pelaksanaan pasca bayar otomatis gratis akhir bulan, yang prabayar, setiap bulannya PLN akan memberikan token gratis sesuai pemakaian tertinggi 3 bulan tertinggi," katanya.

Sementara mekanisme pengambilan token gratis bagi pelanggan rumah tangga subsidi melalui mekanisme website bisa melalui www.pln.co.id. Setelah itu pelanggan bisa masuk ke sub menu stimulus covid-19.
Kemudian masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.

Kemudian pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan. Hal ini juga berlaku sama bagi diskon listrik 50% untuk pelanggan 900 VA subsidi.

"Lalu siapa yang eligible, kalau melihat bukti bayar ada kode R1, kalau ada M di belakangnya artinya mampu dan artinya non subsidi. Untuk pelanggan ini tidak eligible mendapatkan diskon," katanya. (CNBC)


KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : ekawdy77ads@gmail.com
Media Partner : ekawdy77ads@gmail.com
Iklan : jurnalpatroli2016@gmail.com, WA 081318185028