JPNews
JPNews
Kamis, 08 November 2018 14:22 WIB

NASIONAL

Minimalisir Pungli dan Korupsi, Komisi III DPR Apresiasi Jokowi Berikan DP 0 Persen Untuk ASN

Aldhy Irawan - jurnalpatrolinews
Minimalisir Pungli dan Korupsi, Komisi III DPR Apresiasi Jokowi Berikan DP 0 Persen Untuk ASN Foto : Anggota Komisi III DPR Ahmad Sahroni

JurnalPatroliNews JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengapresiasi langkah pemerintah menyiapkan rumah berskema pembiayaan down payment (DP) 0 persen bagi ASN, TNI dan Polri.

Pemenuhan rumah sebagai kebutuhan primer atau pokok dipandangnya akan turut mempengaruhi ASN, TNI, Polri untuk tak melakukan pelanggaran hukum, khususnya pungli dan korupsi.

"Saya meyakini pemenuhan rumah untuk ASN, Polri dan TNI sebagai langkah tepat pemerintah, khususnya menyangkut kesejahteraan dan meminimalisir pelanggaran hukum," kata Sahroni dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (8/11/2018).

Sahroni menilai, salah satu penyebab masih munculnya persoalan pungli dan korupsi tak lepas dari tingginya kebutuhan dasar. Persoalan tingginya harga hunian merupakan salah satu kendala bagi oknum ASN, TNI dan Polri, sehingga mencari segala cara untuk merealisasikan dimilikinya tempat tinggal.

Imbasnya, para oknum akhirnya berpotensi melakukan perbuatan yang menyalahi dengan praktik pungli bahkan korupsi. “Sebagai kebutuhan primer, rumah menjadi beban tersendiri bagi ASN, Polri dan TNI yang berpenghasilan terbatas,” tuturnya.

Sahroni menjelaskan, “Saat gaji dirasakan tak lagi mencukupi karena berbagai kebutuhan pokok lainnya, oknum ASN, Polri atau bahkan anggota TNI akhirnya terpikir untuk mencari celah pendapatan dengan cara memanfaatkan kewenangan”.

“Potensi pungli dan korupsi pun terbuka,” kata politikus NasDem yang kembali maju sebagai calon legislator dari daerah pemilihan Jakarta III ini. (dai)


KOMENTAR