JurnalPatroliNews - Samarinda --- Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) bekerjasama dengan Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim menggelar Workshop yang mengangkat tema; “Membangun Opini Publik untuk Penguatan Isu dan Kelembagaan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) di Daerah” berlangsung di Hotel Aston Samarinda, Senin (15/7/2019).

Gubernur Kaltim Isran Noor melalui Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi dan Keuangan Daerah Setda Prov Kaltim H M Yadi Robianur, berharap kegiatan ini dapat  menghimpun berbagai pandangan, masukan dan informasi terkini terkait isu PP dan PA serta kesetaraan gender sebagai penguat implementasi, baik di tingkat Pemerintah maupun masyarakat.

“Hal ini juga sejalan dengan salah satu prioritas dalam kerangka pembangunan Nasional, bahkan menjadi komitmen global, termasuk agenda Sustainable Development Goal’s /SDG’s 2030,” ujarnya.

Robi menyampaikan, pemerintah menyadari hingga saat ini masih kurangnya partisipasi perempuan dan anak dalam berbagai aspek pembangunan. Untuk itu, Pemerintah bersama institusi terkait berupaya mengintegrasikan dimensi kesetaraan dan keadilan gender kedalam seluruh tahapan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi dan kebijakan yang diambil.

Salah satunya adalah dengan memperkuat kelembagaan PPPA yang ada di daerah, dengan membentuk Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA).

“Kelembagaan tersebut harus dapat diperkuat dengan mendapat dukungan penuh dari seluruh Pemerintah Daerah (Kabupaten/Kota) agar pelayanan dan keberpihakan kita pada PPPA semakin optimal,” katanya.

Dengan adanya komitmen yang kuat tersebut, lanjut Robi, maka perempuan dan laki-laki serta anak-anak di Kaltim dapat memperoleh akses yang sama dalam sumber daya pembangunan, berpartisipasi yang sama dalam proses pembangunan, memiliki kontrol yang sama atas sumber daya pembangunan, dan memperoleh manfaat yang sama dari hasil pembangunan.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 80 peserta terdiri dari OPD Pemprov Kaltim, LM pemerhari perempuan dan anak, Perguruan Tinggi, Persit Provinsi Kaltim, Bhayangkari Provinsi Kaltim, Forkomda Kaltim dan Forum Anak Kaltim. Narasumber pada kegiatan ini yaitu Staf Ahli Menteri Bidang Komunikasi Pembangunan KPPPA Ratna Susianawati, Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga KPPPA Rini Handayani, Kepala Dinas KP3A Kaltim Halda Arsyad dan Kasubbid Kesejahteraan Sosial Bappeda Kaltim Andre Asdi. (DKP3Kaltim/rdg)

 
 
 


KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : -
Media Partner : -
Iklan : -