Jumat, 21 Februari 2020 17:40 WIB

INTERNASIONAL

Planet Bersuhu 1.000 Celcius Berhasil Ditemukan

Ferdinand Mannopo - jurnalpatrolinews
Planet Bersuhu 1.000 Celcius Berhasil Ditemukan Foto : Para astronom memberi nama planet ini NGTS-10b. Jaraknya sekitar 1.000 tahun cahaya dari Bumi. FOTO/ Ist

JurnalPatroliNews - NEW YORK - Planet dengan suhu 1.000 celcius berhasil ditemukan. Temperatur panas itu berada di permukaan planet, yang memiliki revolusi singkat. Dalam satu tahun di sana, yang membutuhkan waktu 18 jam saja.

Para astronom memberi nama planet ini NGTS-10b. Jaraknya sekitar 1.000 tahun cahaya dari Bumi. Planet ini juga disebut ‘Jupiter Panas’, karena terbentuk dari gas raksasa dengan suhu permukaan yang sangat tinggi.

"NGTS-10b adalah planet seukuran Jupiter yang mengorbit bintang tidak begitu jauh dari matahari kita," jelas peneliti dari University of Warwick, James McCormac, dikutip dari New York Post, Jumat (21/2/2020).

Planet ini sanggup bergerak dengan cepat, karena berada sangat dekat dengan bintang yang diorbitnya. Bahkan, jaraknya 27 kali lipat lebih dekat dibandingkan jarak Merkurius dengan Matahari.

Dari ratusan ‘Jupiter Panas’ yang telah berhasil diketahui, peneliti menganggap planet ini merupakan salah satu yang langka, karena hanya ada tujuh planet dengan orbit kurang dari satu hari.

Selain itu, salah satu sisi NGTS-10b selalu menghadap bintang yang diorbitnya. Dengan begitu, menjadikan NGTS-10b salah satu planet yang tidak mengalami penguncian pasang surut (tidal locked).

Kendati demikian, planet langka ini diperkiraan sudah hampir sekarat. Keistimewaan memiliki jarak yang dekat dengan bintangnya, juga membuat kuatnya aktivitas pasang surut bisa menghancurkan NGTS-10b. Opsi lainnya, planet ini bisa tersedot oleh bintangnya sendiri.

Selama beberapa puluh tahun ke depan, peneliti berencana untuk terus memantau perkembangannya, untuk mengetahui nasib NGTS-10b.

[sindo]


Baca Juga
KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : ekawdy77ads@gmail.com
Media Partner : ekawdy77ads@gmail.com
Iklan : jurnalpatroli2016@gmail.com, WA 081318185028