Kamis, 25 Oktober 2018 19:18 WIB

NASIONAL

Polisi Tegaskan Penanganan Kasus Rizal Ramli Sudah Sesuai Prosedur

Aldhy Irawan - jurnalpatrolinews
Polisi Tegaskan Penanganan Kasus Rizal Ramli Sudah Sesuai Prosedur Foto : Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono

JurnalPatroliNews JAKARTA - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono menegaskan, pihaknya telah sesuai prosedur dalam menangani kasus dugaan pencemaran nama baik terhadap Ketua Umum Partai Nasional Demokrat, Surya Paloh dengan terlapor mantan Menteri Koordinator Kemaritiman, Rizal Ramli.

"Ini sesuai prosedur," kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Kamis (25/10/2018).

Argo mencontohkan seperti kasus yang ditangani polisi terkait dugaan penyebaran berita bohong atau hoax yang menimpa aktivis Ratna Sarumpaet.

"Kemarin Bu Ratna Sarumpaet sudah penyidikan juga toh kita panggil? kita tangkap," ujar Argo.

Lebih lanjut, dia meminta, untuk bersabar soal kasus itu.

"Kita tunggu saja untuk Pak RR. Nanti agenda penyidik akan proses siapa lagi, kita tunggu saja," kata Argo.

Seperti diketahui, Rizal Ramli dan pengacaranya, Otto Hasibuan menyebut ada yang aneh dalam laporan terhadap Rizal. Sebab, tiba-tiba saja Rizal dipanggil ketika status kasusnya sudah naik penyidikan.

Padahal, menurut pihak Rizal, mereka belum pernah dipanggil ketika kasus masih berstatus penyelidikan. Lantaran itu, Rizal menduga ada kesalahan di sana.

Rizal Ramli dilaporkan ke polisi atas dugaan pencemaran nama baik dan atau fitnah dan atau Tindak Pidana Bidang Informasi dan Transaksi Elektronik terhadap Ketua Umum Partai Nasional Demokrat, Surya Paloh. Dia dilaporkan oleh Dewan Pimpinan Pusat Partai Nasional Demokrat (DPP Partai Nasdem).

Pelaporan itu menyusul pernyataan Rizal dalam program 'Sapa Indonesia Malam' di Kompas TV, 4 September 2018 dan program 'Indonesia Business Forum' di tvOne, 6 September 2018. Saat itu, Rizal diduga melakukan pencemaran nama baik dan fitnah kepada Surya Paloh.

Laporan bernormor TBL/4963/IX/2018/PMJ/Dit Reskrimum tanggal: 17 September 2018. Dia diancam dengan Pasal 310 KUHP dan atau 311 KUHP dan atau Pasal 27 ayat (3) jo Pasal 45 ayat (3) UU RI No.19 Tahun 2016 tentang perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2018 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. (dai)


KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : ekawdy77ads@gmail.com
Media Partner : ekawdy77ads@gmail.com
Iklan : jurnalpatroli2016@gmail.com, WA 081318185028