JurnalpatroliNews Sekadau Kalbar - Jajaran DPD Persatuan Orang Melayu (POM) Kabupaten Sekadau menggelar kunjungan kerja ke pengurus di tiga kecamatan di wilayah selatan Sekadau yaitu Kecamatan Sekadau Hulu, Nanga Taman dan Nanga Mahap. Minggu (10/2). Hal itu dalam rangka pembahasan program unggulan di tahun 2019
 
Ketua DPD POM Kabupaten Sekadau Gusti Muhammad Yani mengungkapkan, bahwa agenda kunjungan kerja ini merupakan kesepakatan pengurus DPD pada rapat 6 Februari 2019 lalu. 
 
"Agenda ini merupakan program kerja kunjungan DPD ke setiap DPC, adapun poin pembahasan di antaranya Pemberian SK Kepengurusan DPC 3 kecamatan, kemudian Inventarisir  Program unggulan setiap DPC dan program besar yang dilaksanakan oleh DPD pada bulan maret mendatang, "ujarnya kepada lawangkuarinews.com.
 
Selain pemaparan program,  yang tak kalah pentingnya adalah menjalin dan memperkuat ukhuwah islamiyah antar sesama melayu di Kabupaten Sekadau.  
 
"Karena tahun 2018 kemarin banyak agenda besar di Kabupaten seperti Pelantikan DPD POM Sekadau,  Festival Seni Budaya Melayu (FSBM) dan Penobatan Raja Sekadau, dan POM diperbantukan untuk menyukseskan kegiatan tersebut, dan di awal tahun 2019 ini baru bisa melaksanakan program-program POM, "ungkapnya.
 
Di tahun ini,  kata Yani sapaan akrabnya, pihaknya bersama pengurus inti di DPD akan mengurus Legalitas di Pemkab Sekadau melalui bagiab Kesbangpol, hal itu agar organisasi POM Sekadau terdaftar di pemerintah. 
 
"Dan tentu ini sebagai langkah awal kita untuk berpartisipasi berkontribusi di bidang budaya dan adat kemelayuanan di Kabupaten Sekadau, "kata dia. 
 
Dikatakan Yani, dalam waktu dekat ini,  pihaknya akan membuat kegiatan Deklarasi Pemilu Damai (DPD) pada bulan maret mendatang. 
 
"Jika tidak ada hambatan,  maka program itu akan dilaksanakan dan akan bersinergis bersama penyelenggara pemilu seperti KPU dan Bawaslu serta partai politik dan unsur masyarakat. Maka kita juga sangat mengharapkan partisipasi kawan-kawan setiap DPC POM setiap kecamatan dalam mengajak pengurus dan anggotanya nanti, "paparnya. 
 
Perwakilan DPC POM Nanga Mahap Endang mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi langkah dari DPD untuk melakukan kunjungan di setiap pengurus POM Kecamatan,  hal itu diharapkan terutama dalam rangka memperkuat ukhuwah dan pembahasan program unggulan.  
 
"Memang ini yang kami harapkan, kami ingin DPD membina sampai kecamatan. Apalagi mengenai program, hingga saat ini kami belum menentukan program apa yang akan kami unggulkan,  namun intruksi DPD harus ada maka kami berencana melestarikan budaya Melayu melalui latihan Hadrah,  Jepin,  Be Tar,  Belangkah,  dan lainnya yang merupakan hasanah budaya Melayu, "bebernya. 
 
Terkait kepengurusan,  kata dia,  memang di DPC Nanga Mahap ini memang perlu dievaluasi karena ada beberapa pengurus dan anggota yang kurang begitu aktif. 
 
"Ini tanggungjawab kami selaku pengurus,  bagaimana kedepan mereka bisa aktif kembali,  salag satunya membuat kegiatan rutin di masjid dan kegiatan pelestarian budaya,  semoga mereka bisa memahaminya dan aktif kembali.
Kami juga mengharapkan adanta wejangan dari DPD agar sinergisitas terus terwujud, "pungkasnya. 
 
Hal senada diungkapkan Ketua DPC POM Kecamatan Nanga Taman Abang Mohd. Firman, ia menjelaskan,  bahwa pihaknya berkomitmen untuk memajukan POM di Kecamatan Nanga Taman ini dengan sungguh-sungguh.
 
"Karena ini organisasi marwah melayu, maka sebagai generasi penerus Melayu Sekadau kami akan meningkatkan aktualisasi diri untuk melestarikan budaya melayu,"ujarnya.  
 
Dikatakan dia, itu semua tentu adanya sinergisitas serta berdiskusi antara DPC dan DPD.  Mengenai program rutin, menurut Firman,  DPC POM Nanga Taman secara rutin berdiskusi di Bascamp bersama pengurus dan anggota.  
 
"Namun jangka panjangnya kami akan melaksanakan pembentukan PAC POM setiap desa yang ada di Nanga Taman,  hal itu sangat perlu karena generasi Melayu disetiap desalah yang menggali hasanah budaya,  dan kaitannya dengan program DPD tentu bisa ditampilkan di pagelaran seni melayu, "ucap Firman. 
 
Sementara itu,  Ketua DPC POM Kecamatan Sekadau Hulu Sunardi mengatakan,  pihaknya telah melaksanakan pelestarian budaya Melayu secara rutin setiap minggu.  
 
"Kami setiap minggu latihan Hadrah di masjid bersama anak-anak POM Sekadau Hulu,  hal ini tujuannya selain melestarikan budaya melayu kami juga siap jika dipakai di acara nikahan,"ujarnya.
 
Sunardi mengucapkan terimakasih atas kunjungan DPD POM, mengenai harapan dan komitmen untuk meningkat kualitas generasi melayu, pihaknya sangat mendukung hal tersebut. Namun, dalam prosesnya pasti adanya dinamika dan konsekuensi yang dirasakan.  
 
"Tentang program unggulan, kami terus berupaya secara musyawarah apa saja kegiatan yang akan dilakukan bersama kawan-kawan pengurus, dan tentu akan terus berkomunikasi bersama DPD tentang program tersebut, "pungkasnya.  
 
Dalam agenda kunjungan DPD POM pada minggu depan akan bersilaturahmi ke DPC POM Kecamatan Belitang,  Belitang Hilir dan Belitang Hulu dengan agenda kegiatan yang sama yaitu Pembagian SK kepengurusan, Pembahasan Program dan Silaturahmi. (Humas POM Sekadau


KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : -
Media Partner : -
Iklan : -