JPNews

JurnalPatroliNews - Langkat,-- Bupati Langkat Terbit Rencana PA didampingi wakil Bupati Langkat H Syah Afandin SH, secara resmi membuka pelaksanaan Musrenbang  penyusunan Rencana Kerja  Pembangun Daerah (RKPD) Kabupaten Langkat tahun 2020, bertempat, di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Kamis (14/3).

Bupati Langkat pada sambutannya, mengusulkan, Musrenbang tahun pertama masa jabatannya ini, memprioritaskan pembangunan di sektor pendidikan dan infrastruktur, seperti jalan menuju lokasi pariwisata, diantaranya diobjek wisata Bukit Lawang  dan Tangkahan

Adapun sektor pendidikan yang diusulkan, kata Bupati, yakni, pembangunan gedung SMA N dan SMK N,  ditiga kecamatan pedalaman, yaitu  Kecamatan Kutambaru, Batang Serangan dan Pematang Jaya.

“Saat ini tingkat pendidikan SMA sederajat menjadi kewenangan Provsu, maka rencana pembangunannya telah kita usulkan ke Provsu. Tujuannya, untuk meningkatkan nilai mutu pendidikan di seluruh wilayah Kabupaten Langkat secara merata, agar seluruh generasi Langkat menjadi generasi yang cerdas,”sebutnya.

Bupati Langkat, juga mengusulkan infrastruktur jalan menuju tempat wisata Bukit Lawang dan Tangkahan, guna menunjang kemajuan sektor pariwisata Langkat, karena sektor pariwisata dapat meningkatkan PAD, sehingga dapat memajukan daerah.

"Kemudian Pemkab Langkat, juga mengusulkan perbaikan jalan dari Kecamatan Selesai menuju Bukit Lawang, jalan Tanjung Pura menuju Tangkahan, serta jalan dari Simpang Pangkalan Susu ke Pangkalan Susu,  yang merupakan kewenangan Provsu,” terangnya bupati, sembari menerangkan, kedua sektor pembangunan tersebut, untuk mewujudkan visi misinya, yaitu menjadikan Langkat yang maju, melalui pengembangan pariwisata dan infrastruktur yang berwawasan lingkungan.

Menanggapi usulan tersebut, Gubsu melalui Kepala Bappeda Provsu Ir Irman, menjelaskan, bahwa untuk pembangunan jalan menuju Bukit Lawang, tahun ini akan segera dilaksanakan oleh Provsu, panjang jalan yang akan di Hotmix 3 KM.

“Selain itu, Provsu tahun ini juga  mengucurkan dana bantuan senilai Rp 5 Miliyar, untuk pengembangan objek wisata Bukit Lawang,”ungkapnya.

Sedangkan untuk usulan pembangunan lainnya, yang menjadi kewenangan Prosu, seperti Jalan menuju Tangkahan dan gedung SMA N, Ir Irman berharap,  agar Pemkab Langkat segera mengusulkannya.

“Agar ditahun – tahun depan, pengerjaan pembangunannya dapat segera dilaksanakan,” imbuhnya.

Kepala Bappeda Pemkab Langkat,  H Sujarno S.Sos M.Si, menerangkan,  maksud rangkaian Musrenbang ini, untuk mempertajam usulan program dan kegiatan prioritas tahun 2020, baik kategori belanja langsung maupun belanja tidak langsung, yang dituangkan dalam produk dokumen RKPD tahun 2020, katanya.

Sedangkan tujuannya, sambung Sujarno, membahas dan menyepakati usulan dari seluru pemangku kepantingan untuk menghasilkan kegiatan prioritas Pemkab Langkat tahun 2020, menampung masukan terhadap RKPD tahun 2020 dan ketersediaan dokumen RKPD tahun 2020.

Turut hadir pada acara itu, yakni usur Forkopimda Langkat, diantaranya Ketua DPRD Langkat, ketua Kejasaan Stabat, kepala Bapeda Binjai, ketua MUI Langkat, kepala cabang Bank Sumut, Camat se Langkat, perwakilan perguruan tinggi, tokoh etnis/pemuda/masyarakat/agama Langkat, serta tamu undangan lainnya.(fahlevi)


KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : -
Media Partner : -
Iklan : -