Minggu, 12 Januari 2020 16:34 WIB

BISNIS

Tindak Lanjut Musibah Banjir, Polda Banten Tutup Tambang Emas Ilegal di Desa Cidoyong Lebak

Ferdinand Mannopo - jurnalpatrolinews
Tindak Lanjut Musibah Banjir, Polda Banten Tutup Tambang Emas Ilegal di Desa Cidoyong Lebak Foto : Bareskrim Polri dan Polda Banten menutup salah satu tambang ilegal. (Foto: Detik.com)

JurnalPatroliNews - Lebak,--  Menindaklanjuti adanya penambangan emas ilegal di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) penyebab banjir bandang dan longsor di Lebak, Bareskrim Polri dan Polda Banten menutup salah satu tambang ilegal. Lokasi penutupan dilakukan di salah satu tambang di Desa Cidoyong, Kecamatan Lebak Gedong.

"Betul (ditutup), ini tindak lanjut musibah bencana banjir bandang ini. Presiden sudah turun memberikan penegasan, Bupati dan Gubernur sudah memberikan penegasan," kata Kabid Humas Polda Banten Kombes Edy Sumardi saat dikonfirmasi wartawan di Serang, Banten, Minggu (12/1/2020).

Patroli yang dilakukan, katanya untuk menghindari terjadinya longsor yang diakibatkan penambang liar. Patroli juga memberikan garis polisi di salah satu penambangan di Desa Cidoyong.


Selain Bareskrim, patroli juga dibantu oleh TNI. Sekitar 70 personel diturunkan untuk menutup salah satu tambang ilegal di sana.

"Keterangan lebih lanjut akan disampaikan dalam ekspose," ujar Edy.

Pihak Balai TNGHS mencatat ada 178 hektare lahan taman nasional yang digunakan oleh gurandil demi menambang emas secara ilegal. Total ada 28 titik penambangan emas tanpa izin yang 22 di antaranya adalah di Lebak. Sisanya berada di kawasan Kabupaten Bogor.


Blok dinamai sendiri oleh penambang ilegal atau gurandi. Seperti Gunung Julang, Cibuluh, Sampay, Cidoyong, Cimari, Cirotan, Cikidang, Cisiih, Cimadur, Gang Panjang dan Cikatumbiri.

"Di hulu sungai Ciberang atau blok Cibulu sampai dengan Lebak Sampay Desa Lebak Situ terdapat kegiatan penambangan emas tanpa izin dengan luasan sekitar 178 hektare," kata Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah 1 Lebak Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) Siswoyo saat ditemui awak media beberapa waktu lalu.

(*/lk/dtk)


KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : ekawdy77ads@gmail.com
Media Partner : ekawdy77ads@gmail.com
Iklan : jurnalpatroli2016@gmail.com, WA 081318185028