JPNews
Sabtu, 12 Januari 2019 19:00 WIB

BISNIS

Tingginya Harga Tiket Pesawat Kelas LCC, Ini Penjelasan Menhub Budi

Aldhy Irawan - jurnalpatrolinews
Tingginya Harga Tiket Pesawat Kelas LCC, Ini Penjelasan Menhub Budi Foto : Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

JurnalPatroliNews JAKARTA - Tingginya harga tiket pesawat khususnya untuk kelas Low Cost Carrier (LCC) menjadi sorotan banyak pihak dalam beberapa hari terakhir. Harga tiket pesawat yang melambung membuat masyarakat mengeluh hingga membuat petisi.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengklaim kenaikan harga tiket pesawat memang masih di bawah tarif batas atas. Justru menurut Budi Karya, tarif pesawat saat ini tengah kembali ke level normal. Sebab, dalam beberapa tahun terakhir terjadi perang harga antar maskapai.

“Memang selama ini mereka perang tarif. Begitu harganya normal seolah-olah tinggi. Namun demikian, saya memang ajak mereka untuk secara bijaksana melakukan kenaikan itu secara bertahap. Kami lagi bicara,” ungkap Budi Karya di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (12/1).

Budi sendiri menyadari kenaikan harga tiket pesawat memang dikeluhkan masyarakat, kendati demikian pihaknya juga menilai perlu memperhatikan keberlangsungan industri penerbangan. Sebab, perang harga tak bisa terus dilakukan oleh maskapai.

Dia bahkan menyatakan, akibat perang harga di beberapa negara bahkan banyak industri penerbangan yang mengalami kebangkrutan. "Kalau ini terus-terusan perang harga akan jadi masalah," katanya.

Oleh sebab itu, dirinya bahkan meminta masyarakat untuk memaklumi soal kenaikan harga tersebut, di samping juga Kemenhub meminta maskapai tak menaikkan terlalu tinggi.

"Maskapai juga diminta jangan menaikkan terlalu tinggi," ujarnya. (dai)


KOMENTAR
Silakan login untuk memberikan komentar
LOGIN