JPNews
Jumat, 16 November 2018 20:35 WIB

DAERAH

Walikota Banjarmasin Terima Penghargaan Natamukti Award

Ferdinand Mannopo - jurnalpatrolinews
Walikota Banjarmasin Terima Penghargaan Natamukti Award Foto : Ist

Jurnalpatrolinews - Banjarmasin -- Untuk kesekian kalinya, Kota Banjarmasin kembali mendapat Penghargaan Natamukti Award.

Penghargaan yang diterima Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI AAGN Puspayoga itu, merupakan bentuk apresiasi untuk daerah yang dinilai sukses mengembangkan koperasi dan UKMnya.

Penyerahan penghargaan dari ICSB Indonesia City Award 2018 itu dilaksanakan di Gedung Graha Widya Bhakti Puspiptek, Tangerang Selatan, Kamis (15/11).

Kegiatan yang dirangkai dengan Gebyar Edisi ke 3 UKM Indonesia 2018 itu juga dihadiri Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Chairman of ICSB Indonesia President of ACSB Hermawan Kartajaya serta para Walikota dan Bupati se Indonesia

Menurut AAGN Puspayoga, dari segi pertumbuhan ekonomi, Indonesia masuk tiga besar negara yang paling tinggi pertumbuhannya setelah India 7.9 persen, China 6.7 persen dan Indonesia 5.17 persen. “Kita nomor tiga 3 paling besar diantara 20 negara di asia. Untuk itu, Bapak Presiden ingin bagaimana mendorong terus pertumbuhan ekonomi itu hingga meningkat, tetapi harus diikuti oleh penataan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Usaha untuk lebih mendorong pertumbuhan ekonomi itu, lanjutnya, telah dilakukan pemerintah dengan menyiapkan dana untuk koperasi dan UKM dengan nilai yang tak tanggung-tanggung.

Di tahun 2018 ini dana yang digelontorkan untuk membina koperasi dan UKM mencapai Rp123 trilliun. “Sekarang sudah hampir habis Rp100 trilliun sudah terserap 100 triliun itu sudah lebih, ini usaha bagaimana pemerataan kesejahteraan itu dan gebyar UKM ini menjadi sangat strategis, menjadi sangat penting untuk kewirausahaan,” jelasnya.

Chairman of ICSB Indonesia President of ACSB, Hermawan Kartajaya menyampaikan, pertumbuhan UKM bisa menjadi kondusif apabila ada kontribusi dari berbagai pihak terutama Pemerintah sebagai pendorong utama ekonomi lokal. “Maka dari itu kita beri apresiasi kepada institusi pemerintahan yang diharapkan juga dapat menjadi inspirasi,” ucapnya.

Selaku tuan rumah penyelenggaraan event Gebyar edisi ke 3 UKM Indonesia 2018, Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany mengatakan, untuk mendapatkan dana insentif daerah, yang diperlukan tidak hanya pengelolaan anggaran yang tepat waktu ada beberapa kreteria lain yang harus dilengkapi.

Begitu pula untuk mendapatkan WTP, katanya, harus ada kriteria penghargaan-pengahargaan dari kementrian yang didapatkan daerah, salah satunya Penghargaan Natamukti Award. “Jadi mudah-mudahan ini bukti kesungguhan bagi kami, bahwa kami di daerah pun harus sama, harus bisa memberikan yang terbaik untuk majunya koperasi,UKM,dan UMKD di masing-masing daerah,” katanya. (Rdk - Hmp)


KOMENTAR
Silakan login untuk memberikan komentar
LOGIN