Sabtu, 12 Oktober 2019 12:15 WIB

INTERNASIONAL

Zarif: Sanksi AS, Perang terhadap Bangsa Iran

Ferdinand Mannopo - jurnalpatrolinews
Zarif: Sanksi AS, Perang terhadap Bangsa Iran Foto : Menteri Luar Negeri Republik Islam Iran, Mohammad Javad Zarif

Jurnalpatrolinews - Teheran,  Menteri Luar Negeri Republik Islam Iran, Mohammad Javad Zarif mengatakan, sanksi sepihak Amerika Serikat terhadap Iran telah memaksakan tekanan berat kepada rakyat negara ini. Oleh karena itu, sanksi tersebut sebuah bentuk perang.

Zarif dalam wawancaranya dengan televisi TRT Turki yang disiarkan Jumat (11/10/2019) malam menambahkan, Amerika dengan menjatuhkan sanksi terhadap Iran telah memulai perang dengan Tehran dan represi maksimum Washington terhadap Iran sejatinya terorisme ekonomi.

Menlu Iran menegaskan, AS sejatinya menyalahgunakan represi maksimum terhadap rakyat biasa Iran demi memajukan tujuan politiknya.

Dalam wawancaranya tersebut, Zarif menambahkan, menurut definisi internasional terorisme ekonomi adalah memanfaatkan kekerasan terhadap warga sipil untuk memajukan tujuan dan meraih prestasi politik. Dan Amerika saat ini menggunakan metode ini untuk mengubah kebijakan Iran.

"Mengingat bahwa Menlu AS Mike Pompeo tidak memiliki pemahaman terkait kejahatan perang, maka lebih baik ia mempekerjakan seorang pengacara yang kompeten," papar Zarif.

Amerika setelah keluar dari Rencana Aksi Bersama Komprehensif (JCPOA) mulai melancarkan kampanye besar-besaran menekan Republik Islam Iran.

Presiden AS Donald Trump Selasa 8 Mei 2018 secara sepihak dan melanggar komitmen Washington di JCPOA mengumumkan negaranya keluar dari kesepakatan nuklir ini dan memulihkan sanksi nuklir ilegal terhadap Tehran.

Langkah Trump tersebut menuai kecaman luas baik di dalam negeri maupun di tingkat internasional. 


KOMENTAR
Kontak Informasi
Redaksi : ekawdy77ads@gmail.com
Media Partner : ekawdy77ads@gmail.com
Iklan : jurnalpatroli2016@gmail.com, WA 081318185028