Rencana Menag Jadikan Borobudur Rumah Ibadah Umat Buddha Dunia Didukung Penuh Gubernur Ganjar

JurnalPatroliNews – Keinginan Menteri Agama, Yaqut Qolil Qoumas, menjadikan Borobudur sebagai rumah ibadah umat Buddha di dunia mendapat dukungan dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Ganjar mengatakan, potensi Borobudur sebagai rumah ibadah Buddha dunia sangat besar. Ia bahkan pernah ngobrol dengan para Dante dan diketahui ada ada sekitar 5 juta umat Buddha dunia yang sangat aktif.

“Kalau itu bisa dilakukan, maka sebenarnya potensinya sangat besar. Saya pernah usul dulu ke Wapres Budiono. Namun belum ada tindak lanjutnya,” kata Ganjar diberitakan Kantor Berita RMOLJateng, Minggu (31/1).

Ganjar menilai, hal ini akan meningkatkan nilai religiusitas di kawasan candi Buddha itu. Selain itu, rencana tersebut juga akan meningkatkan sisi positif pergaulan antaragama dan pergaulan dengan masyarakat internasional.

“Tentu akan banyak sekali manfaatnya. Pada prinsipnya saya mendukung keputusan Pak Menag ini,” tegasnya.

Lebih jauh, Ganjar menyarankan agar Menteri Agama juga merangkul semua pihak untuk berkomunikasi. Antar Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) diajak duduk bareng dan saling mendukung, agar masyarakat menjadi paham akan diarahkan ke mana.

“Saya kira langkah-langkahnya harus disiapkan dengan baik dan kelompok masyarakat yang ada di sana harus diajak bicara agar memahami pada keputusan ini. Pada prinsipnya saya mendukung karena ini bagus sekali,” pungkasnya.

Menag Yaqut Cholil Qoumas ingin menjadikan Borobudur sebagai rumah ibadah umat Buddha di dunia. Dirinya menegaskan siap memfasilitasi umat Buddha untuk mewujudkan hal itu.

(rmol)

Komentar