Romo Benny: Isu Amandemen Masa Jabatan Presiden Hanya Ilusi Semata

JurnalPatroliNews – Jakarta,– Permasalahan isu amandemen perpanjangan masa jabatan presiden masih jadi perbincangan masyarakat luas. Melihat hal ini Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo memberikan tanggapan bahwa itu hanyalah ilusi semata.

“Isu amandeman hanya ilusi karena jelas dipakai pihak tertentu untuk menggiring opini masyarakat,” ujarnya (14/9)

Benny menambahkan bahwa Presiden Joko Widodo juga sudah menegaskan itu tidak akan dilakukan karena bertentangan dengan konstitusi.

“Padahal presiden sudah menjelaskan itu tidak mungkin karena bertentangan dengan partai. Ini sebenarnya logika untuk menyudutkan Presiden Jokowi,” Ujar Benny.

Isu ini menurut Benny hanya retorika politik yang tidak perlu terlalu serius untuk ditanggapi.

“Politik itu untuk kepentingan rakyat bukan kepentingan kelompok atau golongan,” Tegas Benny.

Lanjut Benny ada 3 hal yang harus diperhatikan dalam politik yaitu etos, pathos, dan logos.

“Ada tiga hal pokok yaitu etos yaitu politik harus kepada kinerja yang bisa mensejahterakan rakyatnya. Kedua adalah pathos yaitu harus dipikirkan kepentingan masyarakat dan logos berhubungan dengan kepantasan,” lanjutnya.

Sebagai penutup Benny menjelaskan bahwa keadaban politik harus dijaga dan berorientasi pada kepentingan publik.

“Keadaban politik harus mengarus utamakan nilai Ketuhanan , kemanusian , persatuan , musyawarah mufakat , keadilan diaktualisasikan dalam perilaku berpolitik sebagai pelayan publik,” tutupnya.

Komentar