Sambut Positif Hasil Quick Count dan Real Count Internal, PDIP Klaim Menangi 5 Pilkada Sultra, Ini Daftarnya

JurnalPatroliNews – Jakarta – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyambut positif hasil quick count dan real count internal terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Berdasarkan data terakhir yang diperoleh PDIP, dari tujuh pilkada di Sultra, lima berhasil dimenangkan kader PDIP.

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, hasil tersebut merupakan kejutan sekaligus kabar gembira bagi PDIP. Kemenangan tersebut diraih dari hasil kinerja partai bersama figur calon yang gotong royong meyakinkan warga Sultra. Apalagi Sultra selama ini lebih dikenal sebagai basis Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Golkar.

“Berdasarkan hasil Pilkada 2020 di Sultra, akan terjadi pergeseran peta politik di Sultra. Dominasi PAN bergeser ke PDI Perjuangan,” kata Hasto, Jumat (11/12).

Menurut dia, Pilkada Kabupaten Wakatobi paling mengejutkan.Setelah sempat lepas dari PDIP, kini kader partainya akan kembali pimpin Wakatobi.

Untuk mengonsolidasi pilkada Sultra, kata Hasto, DPP PDIP menugaskan Wiryanti Sukamdani bersama Ketua DPD PDIP Lukman Abunawas memimpin langsung. “Kemenangan ini semakin sempurna karena pada lima pilkada Sultra PDIP mengusung kader murni,” kata Hasto.

Hasto telah melaporkan hasil Pilkada Sultra kepada Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. Respons Megawati, kata dia, meminta partai mengawal proses penghitungan hingga keluar keputusan resmi KPU.

“Jangan sampai terjadi pergesekan antarsesama pendukung calon kepala daerah,” katanya mengungkapkan pesan Megawati.

“Ibu Megawati juga menitip pesan, kepercayaan masyarakat Sultra agar dijaga dengan sebaik-baiknya dan setelah dilantik agar mereka segera bekerja untuk rakyat. Melalui berbagai kebijakan pro rakyat apalagi ditengah pandemi Covid-19,” lanjut Hasto.

PDIP mengklaim ada lima pilkada di Sulbar yang dimenangkan oleh kader PDIP, berikut daftarnya:

1. Muna
Bupati: Rusman Emba (Ketua Bappilu, DPC Muna)
Wakil Bupati: Bahrun

2. Wakatobi
Bupati: Haliana (ketua DPC Wakatobi)
Wakil Bupati: Ilmiati Daud

3. Kolaka Timur
Bupati : Samsul Bahri (kader PDIP, bakal Ketua DPC)
Wakil Bupati: Andi Meri

4. Konawe Utara
Bupati: Ruksamin (kader PBB)
Wakil Bupati: Abu Haera (kader PDIP)

5. Konawe Kepulauan
Bupati: Amarullah
Wakil Bupati: Andi Muhamad Luthfi (kader PDIP)

(*/lk)

Komentar