Satgas Nemangkawi Digantikan Operasi Damai Cartenz, Polri: Targetnya Orang Papua Asli!

  • Whatsapp
Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, Karo Penmas Divisi Humas Polri (Foto:polri.go.id)

JurnalPatroliNews – Jakarta – Dengan akan berakhirnya masa tugas Operasi Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi yang biasa memburu Anggota Teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB), maka keberadaannya akan digantikan oleh Operasi Damai Cartenz. Polri menyebut target operasi dari Operasi Damai Cartenz ini ialah orang asli Papua (OAP).

“(OAP) sebagai target Operasi, maksudnya target pembinaan,” kata Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, Karo Penmas Divisi Humas Polri, kepada wartawan, Rabu (12/1).

BACA JUGA :

Ia membeberkan, nantinya Polisi akan banyak berinteraksi dan berkegiatan langsung dengan masyarakat di Papua dalam operasi ini. Tujuannya adalah untuk membuat masyarakat di Papua lebih sejahtera.

“Jadi ada upaya-upaya Polri bersama masyarakat untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang tujuannya menyejahterakan masyarakat. Namanya itu Binmas (Pembinaan Masyarakat) noken atau pendekatan kepada masyarakat,” bebernya.

Ia menyebutkan, masa Operasi Satgas Nemangkawi berakhir pada 25 Januari 2022. Jumlah personel Operasi Damai Cartenz masih dibahas.

“(Satgas Nemangkawi berakhir) 25 Januari. Nah rencana pelibatan Personel masih digodok jumlahnya,” tambahnya.

“Cara bertindak yang dikedepankan dalam Operasi Damai cartenz ini persuasif dan preemtif. Dengan kedepankan fungsi intelijen, fungsi bimas, dan fungsi humas dengan didukung fungsi lain. Fungsi preventif sabhara dan gakkum. Jadi gakkum itu sebagai fungsi pendukung,” pungkasnya.

Pos terkait