Satgas Nemangkawi : Kabar Eksodus di Distrik Beonga Kabupaten Puncak Papua, Hoaks

Jurnalpatrolinews – Papua : Kasatgas Humas Nemangkawi, Kombes Pol Iqbal Alqudusy memastikan tidak ada warga di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, yang eksodus atau mengungsi besar-besaran.

Menurutnya Kabar yang beredar mengenai hal tersebut dipastikan hoaks. Timnya memantau secara langsung aktivitas warga di Beoga. Semua aktivitas masyarakat terpantau berjalan normal.

“Situasi masyarakat di Beoga kondusif, aktivitas masyarakat berjalan normal. ‘Mama-mama’ sudah berjualan di pasar. Kalau ada yang menyebutkan bahwa warga mengungsi, faktanya tidak ada,” ujar Kombes Iqbal, Kamis (30/4/2021).

Selain memantau warga di Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Tim Humas Satgas Nemangkawi juga secara khusus memantau aktivitas warga masyarakat di Kota Ilag, terutama di Pasar Ilaga, satu hari pascaterjadi kontak tembak antara aparat gabungan TNI-Polri dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB).

Kasat Binmas Polres Puncak, Iptu Yunias mengatakan, para pedagang di Pasar Ilaga tetap berjualan seperti biasanya tanpa rasa takut. Kondisi serupa terjadi di Kota Ilaga yang merupakan ibu kota Kabupaten Puncak.

“Situasi di Kota Ilaga, termasuk di Pasar Ilaga semua berjalan baik dan aman warga beraktivitas secara normal,” ujar Iptu Yunias.

Informasi yang dihimpun, masyarakat Ilaga dan sekitarnya akan menggelar acara bakar honai pada Jumat (30/4/2021) sebagai simbol menolak segala bentuk tindak kekerasan KKB.    (bizlaw)

Komentar