Secercah Harapan, Apa Kabar Proyek IKN di Kaltim, Ini Kata Menteri PPN/Kepala Bappenas

JurnalPatroliNews – Jakarta – Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa menyampaikan, bahwa pemerintah saat ini tetap menaruh perhatian kepada proyek Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur. Meskipun, dalam laporan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2021 tidak disinggung mengenai proyek tersebut.

“Ibu Kota Negara masih proyek yang sifatnya stand by,” ujar Suharso dalam konferensi pers Nota Keuangan dan RUU APBN 2021, Jumat (14/8/2020).

Suharso memastikan, pada tahun ini pemerintah akan tetap menyelesaikan master plan dan detail plan proyek IKN. Selain itu, beberapa pembangunan fisik juga tetap disiapkan.

“Kegiatan sifatnya infrastruktur dasar tetap disiapkan khususnya terkait Samarinda dan Balikpapan,” kata dia.

Sebelumnya, Suharso menyebut tidak ada pembangunan ibu kota negara (IKN) baru selama pandemi virus corona (Covid-19). Saat ini, progres IKN di Kalimantan Timur baru sebatas kajian saja.

Suharso mengakui proyek IKN sempat menjadi isu panas di tengah pandemi. Hal yang paling banyak dibahas ialah terkait prospek kelanjutan proyek tersebut.

“Saya tegaskan, terkait hal yang lagi hot issue, yaitu IKN dilanjut apa enggak, dalam kondisi ini kita tidak ada pemikiran untuk memulai pembangunan fisik,” ujar Suharso, Rabu (6/5) lalu.

(lk/ant)