Selain Jalur Darat, Puncak Arus Balik Moda Transportasi Laut Diperkirakan Terjadi Pada 8-9 Mei 2022

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Selain jalur darat, puncak arus balik mudik Lebaran di moda Transportasi laut diprediksi akan terjadi pada Minggu (8/5/2022) dan Senin (9/5/2022). Hal itu diungkap Kapten Mugen S Sartoto, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut.

Ia menegaskan, semua unsur terkait transportasi laut, khususnya para Unit Pelaksana Teknis (UPT) dan Operator Kapal di seluruh wilayah Indonesia, siap menghadapi puncak arus balik mudik.

“Saat ini memang belum puncak arus balik, yang diperkirakan akan terjadi di Minggu depan, tanggal 8-9 Mei 2022,” ujarnya, Rabu (4/5/22).

Ia menginstruksikan kepada semua para Kepala UPT dan Operator Kapal di tanah air untuk tetap waspada, jika ada potensi atau masalah yang berakibat terganggunya Transportasi laut pada arus balik. Dirinya meminta, seluruh unsur terkait Transportasi laut saling komunikasi dan koordinasi.

“Intinya semua unsur dan petugas harus tetap jaga komunikasi dan koordinasi yang baik jika terjadi potensi atau masalah yang bisa mengganggu Transportasi laut dengan semua Instansi seperti Pemda setempat, TNI, Polri dan unsur lainnya,” jelasnya.

Walau demikian, puncak arus balik mudik diperkirakan masih akan terjadi pada Minggu, tetapi ia mengimbau, semua UPT dan para Operator Kapal sudah menyiapkan dengan baik dari sekarang.

 “Baik sarana sebelum di pelabuhan, di pelabuhan, di kapal, maupun pada saat proses embarkasi dan debarkasi para penumpang harus disiapkan sebaik mungkin untuk melayani para penumpang arus balik,” lanjutnya.

Komentar