Selamat Hari Raya Kuningan, 20 November 2021

JurnalPatroliNews – Buleleng – Hari Raya Kuningan jatuh pada tanggal 20 November 2021, 10 hari setelah perayaan Hari Raya Galungan.

Tahun ini, Galungan dirayakan pada 14 April 2021 dan 10 November 2021. Sementara, Hari Raya Kuningan dirayakan pada 24 April 2021 dan 20 November 2021.

Perhitungan perayaan kedua hari raya tersebut, berdasarkan kalender Bali. Galungan setiap hari Rabu pada wuku Dungulan, sedangkan Kuningan setiap hari Sabtu pada wuku Kuningan.

Sementara, pada hari Jumat Wage Kuningan (hari Penampahan Kuningan), dalam lontar Sundarigama, ada anjuran untuk melakukan kegiatan rohani yang dalam lontar disebutkan Sapuhakena malaning jnyana (lenyapkanlah pikiran yang buruk/kotor).

Keesokan harinya yakni Sabtu Kliwon atau disebut Kuningan, dalam lontar Sundarigama disebutkan, upacara menghaturkan sesaji pada hari ini hendaknya dilaksanakan pada pagi hari.

Serta menghindari menghaturkan upacara lewat tengah hari. Karena pada tengah hari para Dewata dan Dewa Pitara “diceritakan” kembali ke Swarga oleh Dewa mur mwah maring Swarga.

Komentar