Self Limiting Disease, Kemenkes Sebut, Cacar Monyet Bisa Sembuh Sendiri Usai 2-4 Minggu

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Juru bicara Kemenkes RI dr Mohammad Syahril mengatakan penyakit cacar monyet yang kini merebak di sejumlah negara sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya.

Meski begitu, orang-orang dengan risiko tinggi seperti lansia dan pengidap komorbid tetap memerlukan perhatian khusus terkait risiko paparan cacar monyet.

“Cacar monyet ini sembuh sendiri atau self limiting disease. Setelah 2-4 minggu setelah masa inkubasinya selesai, penyakit ini akan sembuh sendiri jadi tidak terlalu berat,” beber Syahril dikutip dari rekan media, Minggu (26/6/2022).

Sebagaimana diketahui gejala awal cacar monyet berupa demam tinggi, sakit kepala luar biasa, disertai pembengkakan kelenjar getah bening seperti di leher, ketiak, atau selangkangan yang tak umum ditemukan di kasus cacar lainnya.

Menurut dr Syahril, gejala awal tersebut biasanya berlangsung pada 6-18 hari, namun ada juga yang 21 hari. Jika gejalanya berlanjut, pasien akan menjadi pasien erupsi. Kondisi berlanjut inilah yang paling mudah menular.

“Ini (erupsi) paling infeksius atau paling menular, itu timbul ruam-ruam atau lesi, cacar begitulah di kulit terutama di muka. Dimulai dari muka, kemudian menyebar ke badan, dan juga ke tangan. Ini yang menjadi ciri khas cacar ini dan ini sangat infeksius. Diperlukan sampai tiga minggu,” terang dr Syahril.

Komentar