Semua LSM Bakal Diaudit !! Luhut Siap Adu Data

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Luhut Binsar Panjaitan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) mengatakan akan mengaudit semua non-government organisation (NGO) atau lembaga swadaya masyarakat (LSM) di Indonesia, itu dilakukan karena ia menilai ada LSM yang telah menyebarkan informasi tidak benar.

Hal tersebut disampaikannya saat dimintai tanggapan atas bantahan dari kalangan aktivis lingkungan mengenai data deforestasi yang pemerintah klaim menurun.

“NGO-NGO ini kita mau audit. Jadi jangan menyebarkan berita-berita yang tidak benar, ya. Saya udah bilang kita mau audit. Enggak bener dong kamu memberikan berita yang enggak benar,” kata Luhut seperti dikutip dari CNNIndonesia TV, Minggu (14/11).

Mantan Dubes RI di Singapura ini sayangnya tak menjelaskan audit seperti apa yang akan dilakukan. Ia hanya mempertanyakan sumber data-data yang dimiliki para LSM yang mengungkapkan data deforestasi tersebut.

Luhut mengklaim, data yang dirilis tidak hanya dihimpun pemerintah, melainkan sejumlah lembaga internasional. Di sisi lain, menurutnya, saat ini terdapat teknologi satelit yang tidak bisa dibohongi.

“Gini ya, yang bikin NGO-NGO ini dari mana data dia? Kita kan yang membuat bukan hanya kita, tapi juga Internasional. Dan sekarang satelit itu kan nggak bisa dibohongi,” Kata Luhut.

Luhut mengatakan, data yang dirilis pemerintah sesuai pula yang dengan apa yang diutarakan oleh mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry.

Komentar