Sepak Terjang Sinovac, Pembuat Vaksin Corona yang Sudah Tiba di RI

JurnalPatroliNews – Jakarta – Vaksin virus Corona dari China telah mendarat di Indonesia. Vaksin ini dibuat oleh perusahaan yang bernama Sinovac Biotech Ltd.

Banyak yang meragukan perusahaan ini. Lalu siapa sebenarnya Sinovac Biotech?

Melansir website resminya, Selasa (21/7/2020), Sinovac Biotech Ltd adalah perusahaan biofarmasi yang berbasis di China. Perusahaan ini berfokus pada penelitian, pengembangan, pembuatan, dan komersialisasi vaksin bagi penyakit menular manusia.

Perusahaan ini mengaku memiliki sederet portofolio pembuatan vaksin. Mulai dari vaksin untuk hepatitis A dan B, influenza musiman, pandemi influenza H5N1 (flu burung), influenza H1N1 (flu babi), gondong/gondok dan rabies anjing.

Pada tahun 2009, Sinovac adalah perusahaan pertama di dunia yang menerima persetujuan untuk vaksin influenza H1N1-nya. Perusahaan memasok kebutuhan vaksin tersebut untuk pemerintah Tiongkok. Perusahaan juga merupakan satu-satunya pemasok vaksin pandemi influenza H5N1 untuk program pemerintah China.

Sinovac mengaku telah mengajukan permohonan obat baru ke China Food & Drug Administration untuk vaksin enterovirus 71 miliknya. Vaksin itu diklaim mencegah penyakit yang menimpa tangan, kaki dan mulut pada bayi dan anak-anak selama uji coba tahap III.

Perusahaan saat ini juga sedang mengembangkan sejumlah produk baru termasuk vaksin polio inaktivasi strain Sabin, vaksin polisakarida pneumokokus, vaksin konjugat pneumokokus dan vaksin varicella.

Sinovac terutama menjual vaksinnya di China, namun perusahaan juga menjajaki peluang pertumbuhan di pasar internasional. Perusahaan telah mengekspor vaksin tertentu ke Mongolia, Nepal, Filipina dan Meksiko, dan baru-baru ini diberikan lisensi untuk mengkomersialkan vaksin hepatitis A di Chili.

(dtk)

Komentar