Sertijab Komandan Korps Marinir, KASAL: Marinir Terbukti Memiliki Loyalitas Tinggi

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Sebagai bagian dari TNI dan TNI AL, Marinir terbukti memiliki loyalitas tinggi, tegak lurus sesuai Komando yang diberikan satuan atas. Sebagai Kotama Operasi, penggunaan kekuatan Marinir sesuai perintah Panglima TNI, tetapi di dalam pembinaan di bawah Kepala Staf Angkatan Laut.

Demikian dikatakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono usai memimpin serah terima jabatan Komandan Korps Marinir (Dankormar) dari Mayjen TNI (Mar) Suhartono kepada Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto di lapangan apel Markas Komando Korps Marinir, Jl. Prajurit KKO Usman dan Harun No. 40 Jakarta Pusat, Senin (07/02/2022).

“ Sejak tahun 2019, Korps Marinir sudah berstatus sebagai Kotama Ops dan Bin. Oleh karenanya ke depan kita yang membina kemampuan dan kekuatan Korps Marinir sehingga menjadi satuan yang modern dan profesional, sedangkan penggunaan kekuatannya oleh Panglima TNI baik untuk tugas-tugas Operasi Militer Perang maupun Operasi Militer Selain Perang” tambah Kasal.

Terkait modernisasi peralatan dan persenjataan Korps Marinir, Kasal mengatakan secara bertahap akan terus dibenahi dan dimodernisasi.

“ Ke depan, Korps Marinir harus memiliki peralatan dan persenjataan yang modern. Kita sudah mengajukan ke Kemhan untuk memodernisasi peralatan dan persenjataan Korps Marinir yang sudah tua.” imbuh Kasal.

Upacara Sertijab Dankormar dilaksanakan dengan upacara militer sederhana di bawah pimpinan Komandan Upacara Kolonel Marinir Danuri yang sehari-hari menjabat Asops Danpasmar 1. Sedangkan untuk kesatuan upacara terdiri dari Kelompok Pataka Korps Marinir, Korps Musik (Korsik), dan tujuh Peleton pasukan Upacara Perwakilan dari Pasukan Khusus, Rumkitalmar Cilandak, Pasmar 1, Pasmar 2, Pasmar 3, Brigif 4 Marinir, dan PNS. Untuk material pendukung dikerahkan beberapa unit Radar Huges, BTR 4, Twin Gun, Rantis ATAV, Sea Reader, Roket Multi Laras Vampire.

Komentar