Setelah Rekor Denda Alibaba : Kekayaan Jack Ma Melonjak $ 2 Miliar

  • Whatsapp
Pendiri Alibaba, Jack Ma, memberi isyarat saat dia tiba untuk pertemuan dengan Perdana Menteri Thailand Prayuth Chan-ocha di Bangkok pada 19 April 2018. (Foto : AFP)

Jurnalpatrolinews – Hangzhou : China baru saja memberikan rekor denda antitrust pada Alibaba Group Holding Ltd. Perusahaan tersebut berterima kasih kepada pemerintah dan investor menarik napas lega.

Penerimaan penyimpanan Alibaba Amerika naik 9,3% pada hari Senin di New York, lompatan terbesar mereka dalam hampir empat tahun. Bagi Jack Ma, pendiri raksasa e-commerce, itu berarti kekayaannya meningkat $ 2,3 miliar menjadi $ 52,1 miliar, menurut Bloomberg Billionaires Index.

Denda $ 2,8 miliar tidak separah yang ditakuti beberapa investor dan hanya didasarkan pada 4% dari penjualan domestik perusahaan pada tahun 2019, jauh lebih kecil dari maksimum 10% yang diizinkan menurut hukum China. Sementara raksasa internet itu harus menyesuaikan cara berbisnis, wakil ketuanya mengatakan regulator tidak akan memaksakan perombakan radikal dari strategi e-niaga dan kepala eksekutifnya menyatakan Alibaba siap untuk melanjutkan.

“Alibaba tidak akan mencapai pertumbuhan kami tanpa peraturan dan layanan pemerintah yang baik, dan pengawasan kritis, toleransi, dan dukungan dari semua konstituen kami sangat penting bagi perkembangan kami, kata perusahaan itu dalam sebuah surat terbuka.  “Untuk ini, kami sangat berterima kasih dan menghormati.

Ma, yang hingga tahun lalu adalah orang terkaya di China, telah kehilangan miliaran dolar sejak regulator negaranya memulai kampanye anti-monopoli, menghentikan penawaran umum perdana perusahaan pembayaran Ant Group Co. hanya dua hari sebelum dijadwalkan untuk go public.

Dia sekarang orang terkaya ketiga di China setelah Zhong Shanshan dari perusahaan air minum kemasan Nongfu Spring Co. dan Pony Ma dari Tencent Holdings Ltd.

Secara terpisah, bank sentral China memerintahkan Ant menjadi perusahaan induk keuangan yang akan diatur lebih seperti bank.  Langkah tersebut, yang diumumkan pada hari Senin, akan memiliki implikasi luas bagi pertumbuhan perusahaan dan kemampuannya untuk terus maju dengan penawaran umum perdana. Saham Alibaba dibuka 3,4% lebih tinggi di Hong Kong pada hari Selasa.

(***/. dd – alarby)

Pos terkait