Sinergitas TNI-Polri, Dandim & Kapolres Tunjukkan Solidaritas

Jurnalpatrolinews – Buleleng – Dandim 1609/Buleleng, Letkol Inf. Muhammad Windra Lisrianto, S.E., M.I.K., bersama Kapolres Buleleng AKBP Andrian Pramudianto, S.I.K, S.H., M.Si., duduk bersama melakukan dialog interaktif di RRI Singaraja, Jumat (24/12). Dialog tersebut dalam rangka persiapan pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, yang dipandu Riska Desiandra, penyiar RRI Singaraja. Interaktif ini dilakukan sebagai bukti solidaritas dan sinergitas TNI/Polri di Kabupaten Buleleng.

Riska Desiandra, selaku pemandu dalam dialog menyampaikan kepada Dandim 1609/Buleleng dan Kapolres Buleleng, bahwa dalam rangka menjaga kondusivitas masyarakat untuk merayakan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 skenario apa yang dilaksanakan Dandim 1609 Buleleng dan Kapolres Buleleng.

Kapolres Buleleng menyampaikan, untuk menyikapi Nataru, Polres Buleleng sudah menggelar operasi terpadu dengan sandi Operasi Lilin Agung yang sudah dilaksanakan mulai 23 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022. Juga Operasi Ops Amanusa Lanjutan II, dengan sasaran kegiatan sesuai dengan Inmendagri tentang pembatasan tempat dan waktu saat merayakan tahun baru hanya sampai dengan pukul 22.00 WITA.

“Sasaran Opersi Lilin dan Ops Amanusa adalah pendisiplinan prokes Covid-19, terutama memakai masker dengan menyasar tempat-tempat keramaian, seperti taman kota, tempat wisata dan tempat lain yang dapat mendatangkan keramaian serta kerumunan. Serta pengamanan di tempat-tempat ibadah dalam merayakan Natal tahun 2021 untuk selalu menerapkan prokes Covid-19,” jelas Kapolres.

Ia mengimbau masyarakat untuk menaati aturan pemerintah seperti yang telah disampaikan dalam Inmendagri untuk tidak berbondong-bondong mengunjungi tempat-tempat keramaian, seperti taman kota dan obyek wisata lainnya, karena dapat menimbulkan kerumunan yang berdampak kepada mewabahnya Covid-19, karena situasi sekarang ini masih pandemi apalagi sudah ditemukan varian baru virus omicron di Indonesia.

Di sisi lain, Dandim 1609/Buleleng menyampaikan bahwa dalam rangka menyambut Nataru, pihak TNI/Polri dan Pemerintah Daerah bersama-sama bersinergi untuk dapat melakukan pengamanan penyambutan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, sehingga pelaksanaan ibadah yang dilakukan dapat dilaksanakan dengan aman dan nyaman, dan penyambutan Tahun Baru 2022 dilaksanakan dengan aman dan nyaman.

“Dihimbau kepada masyarakat bahwa situasi sekarang ini masih situasi pandemic Covid-19 dan juga adanya varian baru virus Omicron, sehingga kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dan selalu waspada terhadap situasi Pandemi Covid-19,” jelasnya.

Dikatakan, untuk pelaksanaan vaksinasi yang sekarang sedang dilakukan yaitu peningkatan vaksinasi terhadap anak-anak mulai umur 6 – 11 tahun, serta untuk mencegah mewabahnya virus Covid-19 tetap mengoptimalkan 3 T (testing, tracing dan treatmen).

Di sela-sela dialog, beberapa masyarakat menyampaikan melalui telepon, ucapan terimakasih atas kinerja TNI/Polri yang tanpa putus asa dan dengan cepat dan tepat telah melaksanakan penanganan pandemic Covid-19 di Buleleng, sehingga sekarang ini Buleleng dalam situasi kondusif. Namun demikian, masyarakat Buleleng untuk selalu waspada dan jangan abai.

Di akhir dialog, Kapolres Buleleng Andrian Pramudianto menyampaikan kepada masyarakat untuk tetap optimis di dalam menghadapi segala sesuatu di masa pandemic Covid-19. Karena setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Patuhi prokes Covid-19 dan hindari kerumunan karena disinyalir penyebaran Covid-19 dapat terjadi di tempat kerumunan. Kapolres juga mengucapkan Selamat Hari Natal dan Tahun Baru. “Semoga di momen ini kita saling menjaga dan tetap waspada untuk kemajuan Buleleng,” tutupnya.

Sedangkan Dandim 1609/Buleleng menyampaikan, untuk semeton warga Buleleng agar tetap sabar dan ikhlas melaksanakan prokes Covid-19. Jangan ragu maupun bimbang segera lapor bilamana ada keluhan sakit. Datangi tempat kesehatan untuk mendapatakan perawatan dan tetap semangat. Jaga kesehatan.

“Disampaikan juga bahwa masa dinas saya di Buleleng akan segera berakhir. Semoga Buleleng selalu kondusif. Selamat Natal tahun 2021 dan Tahun Baru 2022,” pungkas Dandim 1609/Buleleng.

Komentar