Skema Cawapres Masih Mungkin Anies Bersanding dengan Prabowo di 2024

JurnalPatroliNews – JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dianggap figur potensial yang diprediksi bakal menjadi calon Presiden 2024 . Figur Anies setidaknya terpotret dari hasil survei Litbang SINDO yang dilakukan secara online di mana elektabilitas dan popularitasnya di bawah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang berada di urutan teratas.

Menanggapi hal ini, Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah menilai, peluang Anies sebagai Capres 2024 jika ditinjau dari aspek struktur politik sangat kecil, mengingat dia bukan kader partai politik.

“Jauh lebih mungkin jika orientasinya Cawapres, itu pun jika popularitas dan elektabilitasnya stabil, sementara antara posisi (pemilihan) Gubernur (DKI) dengan masa kontestasi (Pilpres) berjarak satu tahun, tentu akan berpengaruh pada popularitasnya,” ujar Dedi saat dihubungi SINDOnews, Minggu (13/12/2020).

Menurut Dedi, andaikan ada skema luar biasa yang memungkinkan Anies menjadi Capres, maka salah satu Parpol besar harus ada yang merelakan tanpa mengajukan tokoh atau kader mereka. Namun kondisi ini dianggap sulit terwujud.

Dedi melihat, masing-masing parpol pasti memilih menyodorkan Ketua Umum mereka atau setidaknya kader asli mereka, termasuk Partai Gerindra yang telah mengusung Anies di DKI Jakarta.

“Jika Anies Cawapres akan lebih banyak skema yang muncul, termasuk potensi bersanding dengan Prabowo Subianto,” pungkas dia.

(sdn)

Komentar