Ssstt..!Ada Dexamethasone, Inggris Temukan 2 Obat yang Bisa Selamatkan Nyawa Pasien COVID-19

JurnalPatroliNews, Jakarta – Dua obat diketahui dapat mengurangi tingkat kematian hingga seperempat pada pasien dengan gejala paling parah Covid-19.

Obat-obat anti-inflamasi ini, yang diberikan melalui infus, menyelamatkan satu nyawa untuk setiap 12 dari yang menerima perawatan itu, kata para peneliti yang telah melakukan uji coba di unit perawatan intensif Layanan Kesehatan Nasional di Inggris (NHS).

Persediaan obat-obat ini sudah tersedia di seluruh Inggris, sehingga dapat segera digunakan untuk menyelamatkan ratusan nyawa, kata para ahli.

Ada lebih dari 30.000 pasien Covid yang sedang dirawat di rumah-rumah sakit di Inggris – 33% lebih banyak daripada di bulan April lalu.

Pemerintah Inggris bekerja sama dengan produsen, untuk memastikan obat-obat itu – tocilizumab dan sarilumab – terus tersedia untuk pasien-pasien di Inggris.

Selain menyelamatkan lebih banyak nyawa, pengobatan tersebut mempercepat pemulihan pasien dan mengurangi lamanya waktu yang dibutuhkan pasien yang kritis di dalam perawatan intensif hingga satu minggu.

Kedua obat tersebut tampak sama-sama bekerja dengan baik dan menambah manfaat yang sudah ditemukan dengan obat steroid terjangkau lain yang bernama dexamethasone.

Apa itu dexamethasone dan bagaimana obat ini bisa melawan virus corona?

Dexamethasone bisa selamatkan pasien Covid-19, kata ilmuwan Inggris

Indonesia mulai berikan dexamethasone ke pasien Covid-19, teruskan hidroksiklorokuin

Meskipun kedua obat tersebut tidak murah, dengan biaya sekitar Pound 750 (Rp14,3 juta) hingga Pound 1.000 (Rp 19 juta) per pasien, dibandingkan dengan biaya Pound 5

(Rp95.000) untuk dexamethasone, keuntungan penggunaannya jelas – dan lebih murah daripada biaya per hari untuk perawatan intensif yang mencapai sekitar Pound 2.000 (Rp38,1 juta), kata para ahli.

Punya ‘dampak besar’

Peneliti utama, Profesor Anthony Gordon, dari Imperial College London, mengatakan, “Untuk setiap 12 pasien yang Anda tangani dengan obat-obatan ini, Anda berharap dapat menyelamatkan satu nyawa. Ini efek yang besar.”

Dalam uji coba REMAP-CAP yang dilakukan di enam negara berbeda, termasuk Inggris, dengan sekitar 800 pasien perawatan intensif:

Hampir 36% pasien Covid-19 yang mendapat perawatan standar meninggal dunia

Obat-obat baru tersebut mengurangi angka itu hampir seperempatnya, menjadi 27%, bila diberikan kepada pasien dalam waktu 24 jam setelah mereka memasuki perawatan intensif

Profesor Stephen Powis, direktur medis nasional NHS, mengatakan, “Faktanya bahwa sekarang ada obat lain yang dapat membantu mengurangi kematian bagi pasien dengan Covid-19 adalah berita yang sangat disambut baik dan merupakan suatu perkembangan positif dalam perjuangan berkelanjutan melawan virus itu.”

Menteri Kesehatan dan Perawatan Sosial Matt Hancock mengatakan, “Inggris telah membuktikan berkali-kali bahwa Inggris berada di garis depan dalam mengidentifikasi dan menyediakan perawatan inovatif yang paling menjanjikan untuk pasien-pasiennya.

“Hasil hari ini adalah perkembangan penting lainnya dalam menemukan jalan keluar dari pandemi ini dan, ketika ditambahkan dengan pasokan vaksin dan perawatan yang sudah diluncurkan, akan memainkan peran penting dalam mengalahkan virus ini.”

Obat tersebut meredam peradangan yang biasa memicu reaksi berlebihan pada pasien Covid dan menyebabkan kerusakan pada paru-paru dan organ lainnya.

Para dokter disarankan untuk memberikannya kepada setiap pasien Covid yang, meskipun menerima dexamethasone, kondisinya memburuk dan membutuhkan perawatan intensif.

Tocilizumab dan sarilumab telah ditambahkan ke daftar pembatasan ekspor pemerintah, yang melarang perusahaan membeli obat-obatan yang ditujukan untuk pasien Inggris dan menjualnya dengan harga lebih tinggi di negara lain.

Temuan penelitian belum ditinjau atau dipublikasikan dalam jurnal medis.

(*/lk)

Komentar