ST Kapolri Atas Komjen Firli Bahuri Menjadi Pati Bareskrim Timbul Polemik

JurnalPatroliNews – Jakarta – Timbul polemik di masyarakat usai Kapolri Jenderal Listyo Sugit Prabowo mengeluarkan surat telegram (TR) tanggal 17/12/2021 nomor : ST/2568/XII/KEP/2021 di mana dalam surat telegram tersebut memutasi sejumlah perwira tinggi polri diantaranya Komjen Firli Bahuri yang akan memasuki masa purna bakti sebagai anggota Polri.

Sebelum menjabat Ketua KPK pada Desember 2019 yang lalu Firli Bahuri yang menjabat Kapolda Sumatera Selatan terlebih dahulu dipromosikan jabatan dan pangkatnya menjadi Kabaharkam dengan menaikan pangkatnya menjadi bintang tiga oleh Kapolri Idham Azis.

Firli Bahuri mengikuti seleksi untuk menjadi komisioner KPK memang penuh kintroversi karena ditolak oleh sejumlah aktivis anti korupsi, namun oleh panitia seleksi yang dipimpin Doktor Yenti Garnasih justru Firli memperoleh skor tinggi untuk lolos diantara sejumlah nama, hingga akhirnya Firli terpilih menjadi ketua KPK.

KPK sendiri ditengarai oleh sejumlah aktivis telah dikuasai oleh kaum pro khilafah (HTI) sehingga memiliki agenda-agenda terselubung dalam pemberantasan korupsi, namun hal itu dibantah oleh pimpinan KPK Agus Raharjo ketika itu.

Firli menanggapi tentang TR Kapolri yang memutasi dirinya menjadi Pati Polri Bareskrim “keberadaan saya di KPK bukanlah penempatan oleh Kapolri” kata Firli kepada wartawan minggu (19/12/2021) di Jakarta.

Menanggapi ramainya surat telegram Kapilri yang memutasi sejumlah perwira tinggi polri termasuk Komjen Firli Bahuri, akademisi Universitas Mpu Tantular yang juga berprofesi advokat Ferdinand Montororing berkomentar “mutasi seperti itu hanya bersifat administratif, sehingga tidak ada yang perlu diributkan sebab komisioner KPK itu memang jabatan publik yang dapat diisi anggota polri aktif” ujar Ferdinand.

“Kalau sudah tiba waktu pensiun sebagai anggota polri maka sesuai undang-undang polri ya pak Firli secara administratif harus dijelaskan Kapolri keberadaan beliau” pungkas Ferdinand ketika dihubungi JurnalPatroli News senin pagi (20/12/2021) di kantornya di Bekasi.

Komentar