Strategi Menuju Koperasi Modern, Kemkop dan UKM Target2021, Produk KUMKM Masuk Rantai Global

Jurnalpatrolinews – Jakarta, Kementerian Koperasi (Kemkop) dan UKM menargetkan pada tahun 2021, adanya peningkatkan ekspor yang signifikan atas produk ‘Koperasi usaha mikro kecil dan menengah’ (KUMKM). Selain itu, produk KUMKM masuk dalam rantai pasok nasional, regional dan global. Sejumlah strategi disusun untuk mencapai target tersebut.

Hal itu disampaikan Deputi Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM, Hanung Harimba Rachman, pada Webinar Outlook 2021: Transformasi Koperasi dan UMKM: “Menuju Koperasi Modern, UMKM Naik Kelas, dan Wirausaha” yang Produktif, di Jakarta belum lama ini.

“Ini indikator yang berat, karena kita bersaing di luar negeri. Kita harus punya persepsi yang sama bagaimana mengembangkan UMKM maju dan menjadi unggulan ekspor serta menjadi lokomotif reformasi ekonomi. Ekonomi yang stagnan pada ekspornya dan diharapkan ekspornya naik didorong oleh UMKM. Kalau UMKM tumbuh sekaligus akan menyelesaikan masalah redistribusi income,” kata Hanung.

Faktanya saat ini kinerja ekspor UMKM Indonesia masih yang rendah, ranking ke-5 di ASEAN sebesar 14,37% terhadap kontribusi ekspor nasional. Kemkop dan UKM menargetkan kontribusi ekspor UMKM mencapai 21,6% pada 2024 dari 14,37% pada 2020.

Dibandingkan negara Tiongkok atau Singapura misalnya, lain, kontribusi UMKM terhadap ekspor negaranya sangat tinggi mencapai 60% (Tiongkok) dan 40% (Singapura). Fakta lainnya, keterlibatan UMKM pada rantai pasok juga masih minim hanya mencapai 6,3% dalam rantai nilai global.

Rendahnya kinerja ekspor UMKM Indonesia dilatarbelakangi oleh beberapa tantangan, seperti akses terhadap informasi pasar sangat rendah, baru 16% UMKM yang terhubung dengan ekosistem digital.

Tantangan lainnya adalah keterbatasan skala kapasitas usaha dan standar produk, tingginya biaya transaksi dan kontrak, rendahnya akses pembiayaan hanya 19,41% yang terakses dengan lembaga pembiayaan dan tingginya biaya logistik.

“Strategi untuk meningkatkan ekspor UMKM dilakukan dengan mengembangkan market intelligence agar UMKM mudah dapat akses informasi, melibatkan ahli untuk kurasi champion sehingga dapat masukan untuk memperbaiki produk, digitalisasi UMKM,” kata Hanung.

Strategi yang juga diusung adalah memperluas creative space di daerah, keterbukaan informasi dan chanel distribusi, membantu standarisasi, sertifikasi, investasi atau IPO serta memperkuat kemitraan melalui factory sharing berbasis value chain.

“Melaksanakan strategi ini tidak bisa KemenKopUKM sendiri tetapi bekerja sama dengan K/L lain seperti Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan,” jelas Hanung.

Untuk melaksanakannya, dibentuk dalam klaster atau sektor unggulan yang akan masuk ke pasar ekspor, yakni klaster pangan, perikanan dan peternakan dan ekonomi kreatif.

Hanung mengatakan untuk mendorong UMKM masuk ke dalam rantai pasok global dilakukan dengan menurunkan biaya operasional dan transaksi, menurunkan risiko UMKM antara lain melalui skema khusus pembiayaan, UMKM terdigitalisasi, dan perluasan pasar UMKM melalui kemitraan.

(*/red)

Komentar