Sudah Ribuan Orang Dikarantina di Australia dengan Biaya Ditanggung Pemerintah

JurnalPatroliNews – Sydney – Pemerintah Australia sedang mempertimbangkan agar biaya karantina wajib bagi mereka yang masuk ke Australia di tengah pandemi virus Corona ditanggung sendiri, tidak lagi dibayarkan Pemerintah seperti saat ini.

Puluhan ribu orang dari luar negeri kembali ke Australia dalam tiga bulan terakhir dan sudah menjalani karantina, sesuai aturan perjalanan di masa pandemi virus Corona.

Dengan menempatkan puluhan ribu orang di akomodasi mewah, seperti hotel memerlukan biaya besar bagi Pemerintah Australia sedikitnya AU$ 118,5 juta, atau lebih dari Rp 1 triliun.

Penerbangan internasional ke Australia paling banyak mendarat di kota Sydney, New South Wales.

Karenanya Pemerintah NSW harus menanggung biaya terbesar untuk penginapan di hotel.

Menurut Australian Border Force, atau Pasukan Perbatasan Australia, sejak kebijakan diberlakukan dua setengah bulan lalu, 81 ribu orang sudah memasuki Australia.

63 ribu diantaranya harus menjalani karantina di hotel, sementara yang lainnya seperti awak pesawat, pengusaha internasional atau anggota militer ditangani dengan cara berbeda.

Pemerintah Australia menerapkan karantina hotel bagi semua yang datang dari luar negeri di akhir bulan Maret guna mencegah masuknya kasus Corona dari luar negeri.

Sampai sejauh ini 62 persen kasus COVID-19 yang ada di Australia berasal dari luar negeri.

Mereka yang tiba di Sydney tidaklah disambut oleh sanak keluarga masing-masing, melainkan anggota militer berseragam yang membawa mereka ke hotel-hotel mewah.

Bagi warga yang baru datang, seperti Edward Ratanasen, pemandangan seperti itu terasa aneh, apalagi ia baru mendarat setelah perjalanan selama 37 jam dari Kanada.

“Ada rasa takut, semua orang terlihat cemas, ada sedikit perasaan panik. Mereka tidak memberi tahu kita akan dibawa ke mana, hanya disuruh naik ke bus,” katanya.

Namun dia mengatakan merasa lega atas bantuan yang didapatkan.

“Mereka membawa tas, mereka memasukkan ke dalam bus, mereka membawanya sampai ke kamar,” lanjutnya.

“Kalau saja saya punya dolar Australia, mungkin saya akan memberi tip untuk mereka.”

Letnan Kolonel Jo Richards, yang menjadi perwira pengawas dari Angkatan Bersenjata Australia (ADF) yang membantu penanganan karantina di NSW mengatakan sejumlah tentara mulai dari pilot pesawat tempur sampai ke pengasuh anjing dilibatkan.

“Belum pernah sebelumnya personal ADF dilatih untuk menjadi manajer hotel atau menyambut mereka di bandara,” katanya.

“Ada perasaan was-was di kalangan mereka yang baru kembali, tapi apa yang mereka rasakan sangat positif melihat personel ADF membantu mereka, jadi kami mendapat banyak tanggapan positif dari mereka yang baru pulang.”

Mungkin harus membayar sendiri karantina

Pandemi COVID-19 membuat pergerakan warga dari luar negeri kembali ke Australia terus menurun, tetapi pemerintah Australia memperkirakan masih ada sekitar 6.500 orang masuk ke Australia setiap pekannya.

Turis internasional mungkin tidak akan bisa masuk Australia sampai awal 2021, karena perbatasan masih ditutup, karenanya sejumlah pemerintah negara bagian di Australia berusaha menghemat dana.

Kawasan Australia Utara (NT) sudah memberlakukan aturan jika warganya sendiri yang harus membayar biaya karantina.

Sementara Pemerintah negara bagian Queensland akan mulai memberlakukan karantina bagi mereka yang masuk bulan Juli.

“Ini akan menghabiskan biaya tinggi dan pendanaan yang harusnya bisa dialihkan untuk pemulihan ekonomi Queensland,” kata Wakil Menteri Utama Queensland Steven Miles.

Negara bagian Biaya karantina hotel yang sudah dikeluarkan
New South Wales AU$50 juta
Victoria AU$31,6 juta
Queensland AU$19,7 juta
Western Australia AU$14,8 juta
South Australia AU$2 juta
Australian Capital Territory AU$400,000
Northern Territory Warga harus membayar sendiri
Tasmania Tidak melaporkan

Karantina tidak cukup untuk membantu industri perhotelan

Industri perhotelan merupakan salah satu industri di Australia yang merasakan dampak serius karena pandemi, karena perjalanan yang dibatasi.

Michael Johnson dari Akodomodasi Turis Australia mengatakan karantina di hotel tidaklah memberikan pemasukan besar bagi industri tersebut.

“Memang ada pemasukan uang namun dari sisi perhotelan, tidaklah berdampak besar, karena kalau kita lihat setiap harinya ada puluhan ribu orang yang memerlukan akomodasi hotel,” katanya.

“Bahkan dengan adanya keharusan karantina, bisnis perhotelan di Sydney tidak pernah melebihi 20 persen, dan itu belum termasuk hotel yang terpaksa tutup.”

Negara bagian Jumlah total yang dikarantina Jumlah orang pekan lalu
NSW 25.188 3.699
Vic 15.814 2.497
QLD 9.636 1.538
Tas 2.793 232
WA 5.971 841
NT 2.343 208
ACT 521 296
SA 867 17

Lihat artikelnya dalam bahasa Inggris di sini.

[ABC]

Komentar