Sulit Dan Lamanya Penumpasan KKB Papua, Panglima TNI: Mereka Menguasai Medan

JurnalPatroliNews – Jakarta,- Proses penumpasan Kelompok Kriminal bersenjatakan (KKB) di Provinsi Papua, akan berlangsung dalam jangka panjang, demikian disampaikan Jenderal TNI Andika Perkasa, Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI), setelah meninjau pos skotis, Satgas Madago Raya di Poso, Jumat (13/5/22).

“Posisi kita sama seperti di Sulawesi Tengah, lewat Pola Satuan Operasi, yang berjalan normal adalah operasi Penegakan Hukum, bekerjasama dengan Polri serta instansi lain,” ujar Panglima TNI.

Ia menerangkan, yang menjadi salah satu pengaruh operasi penumpasan KKB, akan berlangsung jangka panjang adalah penguasaan medan yang dikuasai oleh para kelompok KKB.

Keterlibatan TNI sendiri dalam operasi itu, dikhususkan pada keamanan, dan bersifat cukup terbatas, sehingga pihaknya betul-betul bertindak dengan memperhatikan rambu-rambu Operasi, agar tidak menimbulkan masalah baru.

“Kami menjaga pola Operasi sesuai dengan rambu-rambu yang ada, untuk menjaga, jangan sampai ada masalah baru ataupun masalah yang lebih besar lagi,” terangnya.

Komentar