Tak Perlu Takut Buat Keputusan, KPK Berbagi Tips Untuk Cakada PDIP

  • Whatsapp
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata saat menjadi pemateri sekolah PDIP gelombang III secara virtual, Selasa (15/9/2020).

JurnalPatroliNews – Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berharap para peserta sekolah calon kepala daerah (cakada) PDIP ideal yang dibutuhkan Indonesia.

“Kami harap anda semua menjadi pemimpin yang amanah, benar-benar bekerja untuk masyarakat, dan menjauhkan diri dari perbuatan tercela utamanya perbuatan korupsi,” kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata saat menjadi pemateri sekolah PDIP gelombang III secara virtual, Selasa (15/9/2020)..

Bacaan Lainnya

Dalam acara tersebut, Alexander berbagi tips agar mereka yang akhirnya terpilih sebagai kepala daerah aman selama menjabat yang disebutnya sebagai keyword ‘4 No’. Pertama adalah no bribery  atau tidak boleh menyuap atau menerima suap.

Yang kedua adalah no kickback atau tak boleh menerima atau mengharapkan imbal balik atas kebijakan atau keputusannya. Ketiga adalah no gift atau berarti tak boleh menerima hadiah ataupun gratifikasi dalam bentuk apapun. Keempat adalah no luxurious hospitality atau tak boleh menjamu atau menerima jamuan sebagai tamu yang berlebihan.

“Jika Anda ikuti 4 No ini, saya yakin anda akan aman selama menjabat, tak perlu khawatir dan perlu takut membuat keputusan,” kata Alexander.

Mantan hakim tipikor ini mengingatkan bahwa hasil riset KPK menunjukkan harapan terbesar masyarakat terhadap pemimpinnya adalah memegang janji kampanye; kepala daerah berani melaporkan dugaan tipikor; tidak mau menerima suap; melaporkan gratifikasi; mengumumkan harta kekayaan; menyuarakan gerakan antikorupsi melalui media; dan melakukan sosialisasi dan kampanye antikorupsi.

“Anda semua diharapkan jadi role model, teladan bagi masyarakat dan aparat dimana Anda memimpin,” ujar Alexander.

(lk/*)

Pos terkait