Taliban Ambil Alih Secepat Kilat! Ada Apa Dengan 300.000 Tentara Afghanistan Didikan AS, Ini Faktanya …!

JurnalPatroliNews – WASHINGTON – Presiden Joe Biden mengatakan kepada rakyat Amerika Serikat (AS) pada 8 Juli bahwa AS dan mitranya di Afghanistan telah melatih dan mempersenjatai sekitar 300.000 anggota militer Kabul. Klaim Biden itu menjadi elemen penting untuk pembenarannya mengapa tentara Amerika dapat hengkang, meski faktanya Taliban mengambil alih secara kilat.

Komunitas lokal Afghanistan khawatir akan orang-orang terkasih yang terjebak di Kabul ketika diminta untuk menjelaskan salah satu dari pasukan itu pada hari Selasa, setelah jatuhnya Kabul yang menakjubkan ke tangan Taliban. Sedangkan Pentagon hanya merujuk 500 tentara lokal di bandara di Kabul yang membantu memberikan keamanan.

Ada banyak penjelasan untuk jurang antara dua penilaian tentara dan polisi federal Afghanistan bahwa pasukan Amerika dan sekutu NATO mereka menghabiskan 20 tahun dan miliaran dollar untuk mencoba berdiri. Tapi mungkin yang paling meresahkan di antara mereka adalah kenyataan bahwa jumlah 300.000 tentara Afghanistan didikan AS yang diklaim Biden tidak pernah ada, setidaknya tidak dalam beberapa tahun terakhir, dan sebagian kecil dari mereka yang memang mengenakan seragam militer negara mereka tidak siap untuk bertarung sendiri.

Ketua Kepala Staf Gabungan AS, Jenderal Angkatan Darat Mark Milley, menyatakan ketidakpercayaannya pada runtuhnya tentara Afghanistan dalam konferensi pers pada Rabu sore.

“Mereka memiliki pelatihan, jumlah, kemampuan untuk membela negara mereka. Ini bermuara pada masalah kemauan dan kepemimpinan. Dan, tidak, saya tidak—juga tidak ada orang lain—melihat keruntuhan pasukan sebesar itu dalam 11 hari,” kata Jenderal Milley, yang tidak menyebutkan jumlah spesifik jumlah tentara militer Afghanistan.

Taliban pada hari Rabu hampir menyelesaikan kekalahan penuh pasukan negara Afghanistan—dalam banyak kesempatan tanpa melepaskan tembakan. Jaringan kelompok pemberontak itu sekarang memiliki akses tak terbatas ke peralatan militer yang canggih dan berlimpah yang dipasok AS dan sekutu Barat-nya ke negara itu pada minggu ini—tidak ada rencana yang jelas tentang bagaimana mereka akan mengontrol penggunaan selanjutnya.

Beberapa pasukan lokal masih berjuang dengan berani untuk pemerintah Afghanistan yang didukung AS—dan mati untuk itu. Tetapi banyak juga yang hanya meletakkan senjata mereka, membelot ke Taliban dengan sukarela atau karena keluarga mereka menghadapi ancaman, atau menyerah pada bentuk-bentuk penyuapan dan pemborosan lain yang telah didokumentasikan oleh inspektur jenderal Amerika setidaknya selama satu dekade.

Inspektur Jenderal Khusus untuk Rekonstruksi Afghanistan merilis sebuah laporan pada hari Senin yang mendokumentasikan tujuh kelemahan mendasar dalam investasi AS di Afghanistan, termasuk penghitungan ambigu untuk jumlah pasukan Afghanistan yang dilatih dan diterjunkan.

“Pesannya telah tersiar: Mengenakan seragam Anda dan menjalankan tugas sebagai tentara Afghanistan adalah poin yang cukup diperdebatkan pada tahap ini,” kata Jason Campbell, peneliti kebijakan di kelompok think tank Rand Corporation, yang sebelumnya menjabat sebagai direktur negara untuk Afganistan di Pentagon.

Kisah Pasukan Pertahanan dan Keamanan Nasional Afghanistan, bagaimanapun, belum berakhir. The Washington Post mendokumentasikan kepahlawanan di antara sekelompok kecil pasukan komando di bandara yang terus mendukung rekan-rekan Amerika mereka dan mengamankan evakuasi yang aman bagi keluarga mereka dan orang lain.

Selain itu, US News telah mendengar dari beberapa sumber laporan tentang beberapa sisa operasi militer Afghanistan di provinsi Panjshir yang terkenal tidak ramah—bagian dari bagian timur laut negara yang bergolak dan bergunung-gunung, di dekat medan perang yang sekarang terkenal seperti lembah Korengal yang juga mengganggu kehadiran militer AS selama perang.

Panjshir adalah satu-satunya provinsi yang belum diduduki Taliban, kemungkinan sebagian karena ketidakpercayaan historis penduduk setempat terhadap jaringan pemberontak. Hal ini juga rupanya keberadaan Wakil Presiden Pertama Afghanistan Amrullah Saleh, yang telah mengeklaim di sosial media dalam beberapa hari terakhir bahwa dia sekarang adalah pemimpin yang sah dari Afghanistan setelah mantan presidennya, Ashraf Ghani, melarikan diri pada hari Minggu.

“Ada sesuatu di sana,” kata Bill Roggio, seorang fellow senior di Foundation for the Defense of Democracies yang dengan cermat melacak kemajuan Taliban. “Kita akan lihat apakah Taliban bergerak untuk menghancurkannya, atau mencurahkan sumber daya untuk Kabul.”

Roggio juga mendokumentasikan “benteng terakhir perlawanan” ini di Panjshir dalam sebuah posting untuk yayasan Long War Journal pada Rabu sore.

Laporan-laporan itu, bagaimanapun, telah terbukti menjadi pengecualian langka untuk tren keseluruhan tentang keberhasilan AS dalam menciptakan pasukan keamanan menurut citranya sendiri, seringkali dengan rekrutan yang tidak bisa membaca atau menulis.

Beberapa pejabat dan mantan pejabat yang berbicara dengan US News dengan syarat anonim mengatakan jumlah tentara dan polisi Afghanistan tidak pernah mencapai 300.000, tentu saja tidak dalam beberapa tahun terakhir. Sebaliknya itu adalah jumlah yang disepakati bersama oleh suksesi administrasi Amerika dan Afghanistan sebagai apa yang mereka yakini dibutuhkan negara itu, dan, oleh karena itu, AS akan mendanai gaji, pelatihan, dan pengeluaran lain pada tingkat itu.

Jumlah sebenarnya tentara dan polisi Afghanistan mencapai sekitar 200.000 pada 2019, menurut beberapa pejabat—termasuk beberapa yang berpartisipasi dalam pelatihan mereka. Masalah endemik melanda pasukan itu, yaitu korupsi, desersi, kematian medan perang yang tidak berkelanjutan ketika menghadapi Taliban, dan praktik terkenal para komandan yang mempekerjakan “tentara hantu” yang hanya ada di atas kertas untuk menyedot dana federal yang kemudian dapat mereka kantongi.

Masalah-masalah itu berangsur-angsur terkikis di pasukan Afghanistan. Ketika dikombinasikan dengan kesabaran strategis Taliban untuk hanya menunggu sampai AS di bawah Presiden Donald Trump saat itu menyetujui penarikan penuh, banyak dari mereka yang mengenakan seragam memiliki sedikit alasan untuk menolak tuntutan pemberontak untuk bergabung dengan perjuangan mereka.

“Berlawanan dengan kurangnya sumber daya, keruntuhan lebih merupakan produk dari perasaan ditinggalkan,” kata pensiunan Jenderal Angkatan Darat Joseph Votel, yang memimpin markas besar yang mengawasi semua operasi Amerika di Timur Tengah hingga 2019, ketika kepala Komando Pusat AS saat ini, Jenderal Marinir Frank McKenzie, mengambil alih.

Votel mengatakan strategi untuk menurunkan sebanyak 300.000 ditentukan setelah banyak perencanaan dan koordinasi dengan mitra Afghanistan Amerika.

Namun, pada saat Biden bersiap untuk mengumumkan penarikan AS awal tahun ini, jumlah pasukan berseragam Afghanistan telah turun menjadi antara 75.000 dan 90.000. Menurut beberapa sumber, angka itu adalah penilaian militer dan intelijen AS yang telah dilihat Biden. Mungkin lebih meresahkan, penilaian juga menyimpulkan kekuatan Taliban telah tumbuh setinggi 120.000 personel.

“Angka-angka di lapangan tidak sesuai dengan angka di atas kertas,” kata Sajjan Gohel, direktur keamanan internasional di Asia-Pacific Foundation yang berbasis di London dan seorang ahli tentang kehadiran NATO selama beberapa dekade di Afghanistan. “Dan itu diketahui dengan baik pada saat pengumuman Presiden Biden untuk menarik pasukan.”

Pejabat Gedung Putih, secara publik dan pribadi, membela keputusan presiden, dengan mengatakan seperti yang dikatakan Biden sendiri bahwa dia bertindak berdasarkan informasi terbaik yang dia miliki saat itu dan bahwa dia mewarisi masalah yang sulit dipecahkan dari tiga pendahulunya, Donald Trump, terutama kesepakatan untuk menarik diri sepenuhnya yang sudah diteken Trump.

Tetapi Biden juga tampaknya mengakui kekurangan fatal di seluruh premis AS untuk beroperasi di Afghanistan dalam sambutannya yang terorganisir dengan tergesa-gesa pada hari Senin, beberapa jam setelah Kabul jatuh ke tangan Taliban, memperkuat desas-desus yang belum dikonfirmasi bahwa dia melihat penyerahan militer Afghanistan sebagai pembenaran lain untuk keputusannya menarik tentara Amerika.

“Kami memberi mereka setiap kesempatan untuk menentukan masa depan mereka sendiri. Apa yang tidak bisa kami berikan kepada mereka adalah keinginan untuk memperjuangkan masa depan itu,” kata Biden. “Ada beberapa unit dan tentara pasukan khusus Afghanistan yang sangat berani dan mampu, tetapi jika Afghanistan tidak dapat melakukan perlawanan nyata terhadap Taliban sekarang, tidak ada kemungkinan bahwa satu tahun lagi, lima tahun lagi, atau 20 tahun lagi sepatu bot militer AS di tanah akan membuat perbedaan.”

(*/red)

Komentar