Targetkan 3 Juta Domba, Menkop Teten Hadiri Peresmian Korporasi Peternakan Domba Model Kluster Di Garut, Program IKA Unpad

JurnalPatroliNews – Jakarta, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki, hadiri acara peresmian Korporasi Peternakan Domba Model Kluster, Panen Raya, dan Distribusi Domba Pejantan melalui Program Ikatan Alumni Universitas Padjadajaran (IKA Unpad).

“Alhamdulillah wasyukurillah, pada hari Sabtu tanggal 19 Desember 2020, di Desa Cinta, Kabupaten Garut, Jawa Barat, telah dilaksanakan acara peresmian Korporasi Peternakan Domba Model Kluster, Panen Raya, dan Distribusi Domba Pejantan,” kata Ketua Jabar Feeds Indonesia Center (JAFIC) IKA Unpad, Agus Santoso, melalui keterangan yang diterima Redaksi, Senin (21/12).

Kata Agus, IKA UNPAD memfasilitasi CSR dari Bank Jabar Banten sebesar 250 juta untuk dibelikan 50 ekor domba pejantan Dorper F1 dan dari Koperasi Sahabat Mitra Sejati sebanyak 10 ekor domba indukan untuk dibagikan kepada Kelompok Peternak binaan HPDKI (Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia) di 4 kabupaten di Jawa Barat, yaitu Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Cianjur dengan harapan dapat melahirkan domba-domba pedaging unggul di wilayah tersebut.

Domba-domba pejantan unggulan tersebut diserahterimakan secara simbolik oleh Ketua IKA UNPAD Irawati Hermawan kepada Bupati Garut, Rudy Gunawan, disaksikan Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki. Sedangkan untuk 3 wilayah kabupaten lainnya diserahterimakan secara virtual melalui Zoom Meeting pada kesempatan yang sama.

Agus juga menjelaskan, selain dukungan terhadap peternakan domba, IKA UNPAD juga menginisiasi pengkoperasian petani tebon jagung yang pembiayaannya disalurkan LPDB melalui Koperasi Makmur Mandiri, agar para petani jagung dapat melakukan diversifikasi usaha dari jagung pipil menjadi jagung tebon sehingga dapat meningkatkan cashflow para petani dari sebelumnya 6 bulan menjadi 3 bulan, meningkatkan nilai ekonomi produk, dan menjadi sumber bahan baku pakan untuk peningkatan kualitas ternak di Kabupaten Garut serta para petani memiliki akses permodalan untuk budidaya kepada dana bergulir PEN – Pemulihan ekonomi Nasional.

Agus Santoso selaku Ketua JAFIC IKA UNPAD mengharapkan kegiatan seperti ini dapat dilakukan secara berkesinambungan.

“Yah, Bupati Garut juga berharap bahwa kegiatan ini mampu mendorong peternakan domba guna mencapai target 3 juta domba di Kabupaten Garut,” pungkas Agus Santoso.

(*/red/Rls)

Komentar