Temuan Baru Peneliti : Virus Corona Dapat Bersembunyi di Telinga Manusia

Jurnalpatrolinews – Maryland : Para peneliti dari Johns Hopkins University menemukan coronavirus SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19 bersembunyi di tempat yang tak terduga – di dalam dan di belakang telinga manusia.

Sebuah tim ahli otolaringologi dan patologi menemukan bahwa coronavirus dapat dengan nyaman mengendap di telinga tengah dan daerah mastoid kepala di belakang telinga, yang berisi beberapa ruang berlubang yang diyakini melindungi dari trauma dan melindungi telinga bagian tengah dan dalam.

Dokter mengautopsi tiga pasien yang telah dites positif untuk virus corona dan merupakan gejala Covid-19 sebelum kematian mereka.

Mereka mencatat bahwa mungkin ada banyak faktor dan komorbiditas lain yang mempengaruhi kolonisasi mastoid dan telinga tengah dengan coronavirus dan ini mungkin berbeda pada inang yang hidup. ” Mungkin ada perbedaan yang signifikan antara meninggal akibat COVID-19 vs meninggal dengan COVID-19 ,” kata mereka.

Penemuan baru berarti bahwa ahli THT, yang mungkin sebelumnya lebih santai ketika memeriksa pasien mereka, beresiko langsung terkena virus.

Studi oleh program otopsi penelitian rumah sakit JH berlangsung selama enam bulan dan diterbitkan pada 23 Juli. 

Meskipun mengakui keterbatasan penelitian mereka, para peneliti tetap menyarankan agar petugas medis mengambil tindakan perlindungan ekstra – seperti memakai masker atau respirator pembersih udara bertenaga – saat melakukan pemeriksaan telinga dan operasi telinga.

Para peneliti JH juga mendesak rekan-rekan mereka untuk tidak bersantai dengan aturan jarak sosial di ruang tunggu klinik. Memastikan kamar yang kurang ramai mengurangi risiko penyebaran, kata mereka.

Pedoman yang diperbarui untuk prosedur otologis dan neurotologis akan segera diterbitkan di Amerika Serikat.

Kasus Covid-19 sudah mulai tumbuh lagi, dengan banyak negara memberlakukan pembatasan baru, sementara para ilmuwan di seluruh dunia berjuang untuk mendapatkan vaksin.  (RT)

Komentar