Terjadi Pergeseran Paradigma Ancaman, KASAD Ingin TNI AD Revisi Doktrin Kartika Eka Paksi

TNI AD gelar Seminar VI di Sesko TNI AD Bandung, Senin (27/6/2022). (Dok Puspenad)

JurnalPatroliNews – Bandung, – Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), menyampaikan, Doktrin Kartika Eka Paksi TNI AD, diusulkan untuk direvisi. Pasalnya, Ia menilai telah terjadi pergeseran Paradigma Ancaman.

Saat membuka acara Seminar TNI AD VI, yang dilaksanakan di Sekolah Staf Komando Angkatan Darat (Seskoad), Bandung, Jawa Barat, Dirinya menerangkan alasannya, mengapa Doktrin Kartika Eka Paksi TNI AD perlu direvisi.

Bacaan Lainnya

“Didasari dengan pertimbangan adanya pergeseran Paradigma Global, Regional, maupun Nasional, yang berdampak pada terjadinya pergeseran Paradigma Ancaman dan keamanan, akibat dari kemajuan Pengetahuan dan Teknologi teraktual,” terangnya, Senin (27/6/22).

Ia menjelaskan, hal itu bertujuan, agar doktrin tersebut bisa bersifat Adaptif terhadap perkembangan lingkungan, tanpa kehilangan ciri utama kekuatan Matra Darat.

“Sehingga ajarannya selalu dapat disesuaikan, tanpa kehilangan kekhasannya sebagai ciri utama kekuatan matra darat,” ujarnya.

Jenderal Dudung, menyebut, perubahan mendasar dari Doktrin Militer perlu dilakukan, karena perang saat ini sangat kompleks, yang telah mengubah Militer dalam Operasi dan perkembangan Alutsista yang kian modern.

“Sehingga perlu adanya perubahan yang mendasar dari doktrin Operasi Militer saat ini,” pungkasnya.

Pos terkait