Terkait Pilkada Solo, PDIP Ungkap : Belum!, Soal Rekomendasi Gibran,  Solo Masih Ribut Covid

JurnalPatroliNews – Jakarta,– Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDIP, Bambang ‘Pacul’ Wuryanto membantah kabar yang menyebut Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri telah meneken rekomendasi dukungan untuk putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka di Pilkada Solo 2020.

Bambang menegaskan hingga saat ini PDIP belum punya sikap resmi terkait pemilihan wali kota Solo. Sebab mereka tak ingin mengurus kontestasi politik saat rakyat kesulitan di tengah pandemi.

“Kabar rekomendasi boleh saja, tetapi apa itu sudah diluncurkan? Belum, jawabannya belum. Kenapa? Solo masih ribut covid,” kata Bambang saat ditemui di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (18/6).

Bambang menjelaskan Megawati telah meneken sejumlah rekomendasi kandidat untuk Pilkada 2020. Namun ia tak mau mengonfirmasi apakah rekomendasi untuk Solo sudah diteken Mega atau belum.

Dia bilang Megawati sendiri yang akan mengumumkan rekomendasi itu. Bambang bilang pengumuman akan dilakukan saat pandemi mereda.

“Pemerintah dan DPR sudah sepakat membuat langkah-langkah untuk kelanjutan pilkada. Jadi kira-kira kemungkinan enggak akan lama bisa diumumkan,” ujarnya.

Sebelumnya, putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka menyatakan niat maju sebagai calon wali kota Solo pada Pilkada Serentak 2020. Gibran bahkan telah mendaftar sebagai kader PDIP pada 23 September 2019.

Gibran juga sudah sowan ke Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pada Oktober 2019. Namun hingga saat ini PDIP belum memberikan dukungan resmi untuknya.

Gibran justru terbentur konflik internal PDIP. DPC PDIP masih berkukuh mendukung petahana Achmad Purnomo di pilkada tahun ini.

“Saya mau mengingatkan partai. Selama ini kami di PDIP diajari lima mantap. Sekarang saatnya DPP membuktikan, mereka mau menjalankan itu atau tidak. Kalau mau ya mestinya mendukung Pak Pur,” kata Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo, Selasa (16/6).

(/lk/)

Komentar