Teroris JI Di Lampung, Sebar Kotak Amal Dapat Raup Uang Rp 70 Juta Per Bulan

JurnalPatroliNews – Lampung,- Penghimpun dana Yayasan amal Lembaga Amil Zakat Baitul Maal Abdurrahman Bin Auf (LAZ BM ABA) milik teroris jaringan Jemaah Islamiyah (JI) di Lampung ternyata dapat meraup uang puluhan juta rupiah per bulan dari penyebaran 780 kotak amal ke masyarakat.

“Setiap bulan rata-rata untuk BM ABA Lampung berhasil menghimpun dana sebesar Rp70 juta per bulan,” kata Kepala Bagian Bantuan Operasi Densus 88, Kombes Aswin Siregar, Kamis (4/11).

Namun demikian, Aswin tidak dapat memastikan total uang yang mengalir ke jaringan teroris itu lantaran masih dalam penyelidikan.

Penghimpunan dana itu terungkap usai penyidik Densus 88 menangkap tiga teroris di Lampung pada Minggu (31/10), Ketiganya ialah S, 61, SU, 59, dan DRS, 47.

 Aswin menyebut LAZ BM ABA dapat menyebar lebih dari 2 ribu kotak amal di Lampung. Kelompok tersebut menyembunyikan modus ini usai praktik yayasannya terbongkar di Jakarta pada 2020.

 “Ditemukan sebanyak 780 buah kotak amal yang sengaja disembunyikan oleh JI pasca tertangkapnya salah satu Ketua BM ABA, Fatria Sanjaya, tahun lalu di Jakarta,” ungkap Aswin.

Dana dari kotak amal itu digunakan untuk mengirim kader-kader JI ke sejumlah negara syam atau konflik untuk melakukan agenda Jihad Global, seperti Suriah, Irak, dan Afghanistan.

Mereka akan dilatih untuk meningkatkan kemampuan militer, menjalin komunikasi, serta diplomasi dengan kelompok-kelompok radikal lainnya.

 “Ini untuk meningkatkan kemampuan pasukan tempur dari anggota JI dan tentunya untuk meningkatkan kemampuan militer dari anggota JI tersebut,” pungkas Aswin.

Komentar