Tes Pertama Oktober, Polandia Mulai Produksi Obat Covid-19 dari Plasma Darah Pasien Sembuh

Jurnalpatrolinews – Warsawa : Perusahaan biomedis Polandia pada Selasa, 18 Agustus 2020, mulai memproduksi obat untuk Covid-19  menggunakan plasma darah dari pasien yang sembuh dari virus corona, menurut laporan media lokal.

Tes pertama menggunakan obat baru itu dijadwalkan akan dimulai pada Oktober dan nantinya memakan waktu sekitar empat bulan untuk menuntaskannya.

Biomed Lublin akan memproduksi 3.000 ampul yang akan digunakan pada pasien sebuah rumah sakit di Lublin, Polandia timur.

Jika tes berhasil, obat tersebut akan didaftarkan untuk penggunaan umum, sebuah proses yang menurut pihak perusahaan akan dipercepat menjadi 150 hari dari yang normalnya 210 hari.

Obat baru itu adalah instrumen pengobatan dan bukan vaksin, tegas pihak produsen.

“Bahkan jika proses pembuatan vaksin pada akhirnya berhasil, obat ini akan bekerja secara komplementer,” kata Grzegorz Czelej, senator dari Partai Hukum dan Keadilan yang berkuasa, dalam konferensi pers bersama di kantor perusahaan itu.

“Polandia adalah satu-satunya negara di Eropa tengah dan timur yang memiliki teknologi untuk memproduksi obat ini. Antibodi dalam plasma darah secara ilmiah terbukti efektif melawan Covid-19.”

Obat harus diberikan melalui suntikan dan akan membantu pasien dalam membentuk antibodi untuk melawan perkembangan penyakit tersebut.

Biomed Lublin telah mengumpulkan 150 liter plasma darah untuk pembuatan obat pada ampul-ampul itu. Czelej mengatakan kepada wartawan bahwa dia mengimbau negara-negara Uni Eropa lainnya untuk membuka bank darah guna pengumpulan plasma tambahan. (lk/ant)

Komentar